Sabtu, Juli 2, 2022
BerandaBerita CiamisPemkab Ciamis Sudah Upayakan Program RHL

Pemkab Ciamis Sudah Upayakan Program RHL

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Ciamis, H. A. Herdiat, MM., melakukan penanaman pohon pada program Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI). Foto: Istimewa/Humas Setda Ciamis

Profil Humas (1) edit

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Pemerintah Daerah Kabupaten Ciamis, Propinsi Jawa Barat, sudah mengupayakan program rehabilitasi hutan dan lahan sejak beberapa tahun belakang ini. Langkah dan upaya yang dilakukan pemerintah itu diantaranya dengan Pembuatan Kebun Bibit Rakyat (KBR), Penyediaan bibit melalui Pembuatan Persemaian, Penanaman Pola Pengkayaan, Kegiatan Penanaman pada kawasan agropolitan, Penananman Lahan di bawah tegakan (PLBTH), Kegiatan Penanaman Pohon Kelapa (Intensifikasi), dan Swadaya masyarakat

Bupati Ciamis, Drs. H. Iing Syam Arifin, ketika ditemui Koran HR, belum lama ini, membenarkan upaya rehabilitasi yang dilakukan pemerintah daerah melalui cara vegetatif ataupun sipil teknis.

Iing mengungkapkan, upaya yang sudah dilakukan pihaknya itu antaralain dengan penyedian bibit tanaman sebanyak 250.000 batang, termasuk didalamnya pohon kelapa untuk mendukung Gerakan Masyarakat Babarengan Melak Tangkal Kelapa (GEMA BALAKA) sebanyak 10.000 batang.

Selanjutnya, Penanaman Hutan rakyat seluas 2.100 Ha, Pembuatan Dam Penahan sebanyak 17 Unit, Kegiatan Hari Menanam Pohon Indonesi (HMPI), Pembuatan Kebun Bibit Rakyat (KBR) sebanyak 6 Unit tersebar di beberapa Kecamatan yang bersumber dari BP DAS Citanduy-Cimanuk, Pembinaan Kelembagaan melalui Pembentukan Unit Manajamen Hutan Rakyat sebanyak 20 unit, Penghijauan Lingkungan dari Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat dan Penanaman Swadaya masyarakat sebanyak 2.500.000 batang pohon. (Deni/Koran-HR)

- Advertisment -