Selasa, Juni 28, 2022
BerandaBerita CiamisTadi Malam, Tim Jinak Bom Polda Jabar Periksa Gereja di Ciamis

Tadi Malam, Tim Jinak Bom Polda Jabar Periksa Gereja di Ciamis

Petugas kepolisian dari Polres Ciamis dan Brimob Polda Jabar saat melakukan penyisiran dan sterilisasi di salahs satu gereja di wilayah Ciamis Kota, tadi malam. Foto: Heri Herdianto/HR

Tadi Malam, Tim Jinak Bom Polda Jabar Periksa Gereja di Ciamis

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Sehari menjelang Hari Natal, petugas kepolisian dari Polres Ciamis melakukan penyisiran dan sterilisasi di sejumlah gereja yang ada di wilayah Ciamis. Dalam kegiatan ini, Polres Ciamis dibantu Tim Penjinak Bom (Jibom) dari Brimob Polda Jawa Barat.

Dari pantauan HR Online, tim kepolisian melakukan penyisiran mulai dari Gereja Betesdha Jalan Ampera Kelurahan Ciamis dan diakhiri di Gereja Panthekosta Jalan Ir H Juanda Kelurahan Ciamis, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis, Kamis (24/12/2015) malam.

Kasat Sabhara Polres Ciamis, AKP Kurnia, mengatakan, dilakukannya sterilisasi gereja sebagai bagian pengamanan natal agar perayaan di Ciamis bisa berjalan dengan lancar dan aman. Selain itu, untuk memberikan rasa aman bagi umat Kristiani dalam menjalankan Ibadah menjelang hari perayaan Natal.

Kurnia mengatakan, penyisiran dan sterilisasi di setiap Gereja dimulai dari halaman luar gereja, tempat duduk Jemaat, setiap ruangan hingga ke dalam dapur. “Tujuannya untuk memastikan bahwa gereja di Ciamis aman dari segala kemungkinan terjadinya gangguan keamanan,” ungkapnya.

Kurnia menjelaskan sampai hari ini Kabupaten Ciamis dapat dinyatakan aman dari ganguan keamanan yang bisa mengganggu umat Kristiani, khususnya dan umumnya masyarakat Ciamis.

Pihaknya, kata Kurnia, sudah memerintahkan kepada seluruh anggotanya untuk tetap waspada dan meningkatkan kesiagaan dalam pengamanan Natal ini. Dia juga meminta agar anggota mewaspadai kemungkinan adanya aksi teror dan tindak pidana lainnya yang mencoba mencederai perayaan Natal.

“Menjelang perayaan Natal, Kami juga sudah melakukan penguatan dengan melakukan penebalan pengamanan dan peningkatan patroli,” ungkapnya.

Di tempat terpisah, Cristine (24) salah seorang umat Kristiani yang akan menjalankan ibadah mengaku tenang dengan adanya penyisiran yang dilakukan Tim Jibom serta pengamanan dari jajaran Polres Ciamis

“Memang selama ini di Ciamis belum pernah ada kejadian yang tidak diharapkan seperti di daerah lain, apalagi sekarang tempat ibadah kami telah dinyatakan aman oleh pihak Kepolisian. Sehingga kami bisa khusuk dalam menjalankan ibadah,” tutupnya. (Heri/R2/HR-Online)

- Advertisment -