Jumat, Juli 1, 2022
BerandaBerita CiamisTahun Depan, Pusat Kota Rancah Ciamis Ditata Ulang

Tahun Depan, Pusat Kota Rancah Ciamis Ditata Ulang

Pusat aktivitas bisnis di Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis. Foto: Ist/Net

Tahun Depan, Pusat Kota Rancah Ciamis Ditata Ulang

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Tahun 2016 mendatang, pusat kota dan perkantoran di wilayah Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, Propinsi Jawa Barat, akan ditata ulang. Hal itu merujuk pada Rencana Tata Bangunan dan Lingkungan (RTBL) Kecamatan Rancah yang sudah dicanangkan Dinas Cipta Karya Kebersihan dan Tata Ruang (DCKKTR) Kabupaten Ciamis.

Camat Rancah, Supena Dipraja, ketika ditemui Koran HR, belum lama ini, membenarkan recana tersebut. Menurut dia, salah satu agenda pembangunan itu yakni pembangunan kantor kecamatan di lokasi berbeda.

“Ini tidak lain untuk menciptakan pusat pemerintahan di tingkat kecamatan dan juga sebagai pusat kota yang selama ini tidak ada di Rancah. Letak kantor kecamatan yang baru nantinya berada di Blok Kawung Haji Desa Rancah. Wilayah itu sangat strategis sekali menjadi pusat pemerintahan,” ucapnya.

Supena menjelaskan, untuk pembangunan kantor baru, pihaknya bekerjasama dengan Pemerintah Desa Rancah. Kerjasama itu terkait penggunaan lahan bengkok dengan sistem sewa pakai. Sesuai kesepakatan, sewa lahan bengkok itu sebesar Rp 21.250.000 pertahun.

Lebih lanjut, Supena menyebutkan, untuk keperluan kantor kecamatan baru, pihaknya membutuhkan lahan sekitar 2 hektar. Di lokasi yang baru, luas lahan hanya mencapai sekitar 431 bata. Untuk itu, pihaknya berharap, semua elemen masyarakat Rancah mendukung rencana pengembangan wilayah pusat kota Rancah tersebut.

“Kebutuhan dua hektar itu meliputi untuk membangun gedung kantor kecamatan, ruang terbuka hijau, jalan dan penambahan pembuatan danau sebagai tempat wisata,” ucapnya.

Anggota DPRD Ciamis dari Daerah Pemilihan Kecamatan Rancah, Amin, mengapresiasi rencana penataan kembali pusat kota Kecamatan Rancah. Dia juga menilai, lokasi kantor kecamatan yang baru berada di kawasan yang cukup strategis.

“Sebagai warga Rancah, saya mendukung sekali konsep perubahan yang dilakukan Camat. Sebab ini akan berdampak terhadap kemajuan Rancah. Saya juga yakin semua masyarakat akan mendukungnya,” katanya. (es/Koran-HR)

- Advertisment -