Rabu, Juni 29, 2022
BerandaBerita CiamisBerita BanjarsariTata Laksana Pilkades Serentak di Ciamis Mulai Disosialisasikan

Tata Laksana Pilkades Serentak di Ciamis Mulai Disosialisasikan

BPMPD Kabupaten Ciamis, saat melaksanakan kegiatan sosialisasi tata cara dan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Aula Desa Banjarsari, Senin (14/12/2015). Photo : Suherman/ HR

sosialisasi pilkades serentak

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Ciamis, Propinsi Jawa Barat, mulai melaksanakan kegiatan sosialisasi tata cara dan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak.

Kepala BPMPD Kabupaten Ciamis, H. Lily Romli, SH.,M.Si, ketika ditemui Koran HR, Senin (14/12/2015), di sela-sela kegiatan sosialiasi tentang Pilkades serentak, di Aula Desa Banjarsari, Kecamatan Banjarsari, mengatakan, kegiatan tersebut sengaja dilaksanakan dalam rangka memberikan arahan kepada seluruh Kepala Desa, Aparatur Desa dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

“Pilkades serentak akan dilaksanakan pada 17 April 2016 mendatang. Sosialisasi ini penting karena menyangkut sukses dan tidaknya pelaksanaan Pilkades serentak yang akan digelar utuk pertama kalinya,” kata Lily.

Pada kegiatan sosialisasi tersebut, kata Lily, pihaknya menyampaikan mekanisme pelaksanaan Pilkades serentak, mulai dari payung hukum aturan Pilkades, pembentukan panitia, pendaftaran peserta pilkades hingga pelaksanaan pemilihan.

Dalam kesempatan itu, Lily menegaskan, anggota BPD tidak diperbolehkan masuk dalam jajaran anggota panitia pilkades. Dalam hal ini, BPD adalah yang bertugas untuk membentuk panitia serta melakukan pengawasan terhadap kinerja panitia. Sementara, untuk anggota panitia pilkades akan diisi oleh pamong desa dan tokoh masyarakat.

“Kami berharap, bulan ini Panitia Pilkades sudah terbentuk di seluruh desa yang akan melaksanakan Pilkades serentak. Setelah terbentuk, Panitia Pilkades akan mengikuti kegiatn Bimbingan Teknis (Bimtek) tingkat kabupaten. Dan pada Bulan Januari, pendaftaran bakal calon kepala desa sudah mulai dibuka,” katanya.

Informasi yang berhasil dihimpun Koran HR, kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan selama tiga hari, Senin-Rabu (14-16/12/2015), di tiga tempat. Pertama di (Eks Kewedanaan Banjarsari) Aula Desa Banjarsari, Kecamatan Banjarsari. (Eks Kewedanaan Rancah), di Aula Desa Cisontrol, Rancah, dan (Eks Kewedanaan Kawali), di Aula Desa Selacai, Cipaku. (Suherman/Koran-HR)

- Advertisment -