Sabtu, Juli 2, 2022
BerandaBerita CiamisBerita BanjarsariUsulan 6 Kecamatan di Ciamis Pindah Wilkum, Polda Jabar ‘Turun Tangan’

Usulan 6 Kecamatan di Ciamis Pindah Wilkum, Polda Jabar ‘Turun Tangan’

Pertemuan antara Tim Kajian Polda Jabar dan Masyarakat dari enam kecamatan, membahas soal perpindahan wilayah hukum. Photo : Suherman/ HR

Usulan 6 Kecamatan di Ciamis Pindah Wilkum, Polda Jabar ‘Turun Tangan’

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Puluhan Kepala Desa, tokoh masyarakat, ulama dan pemuda dari Kecamatan Banjarsari, Lakbok, Pamarican, Purwadadi, Cisaga dan Cimaragas, menggelar pertemuan dengan Tim Kajian Polda Jabar, terkait wacana perpindahan wilayah hukum dari Kabupaten Ciamis ke Kota Banjar.

Pada kesempatan itu, Tim Kajian Polda Jabar juga membagikan quisioner mengenai perpindahan wilayah hukum tersebut. Hal itu dilakukan sebagai evaluasi terkait pro kontra terhadap wacana perpindahan wilayah hukum tersebut.

Ketua Tim Studi Kajian Kelayakan Pemekaran Wilayah Hukum Polda Jabar AKBP. Caecilia Murni, S.M.Sc., ketika ditemui Koran HR, Selasa (16/12/2015), mengatakan, pertemuan itu guna menindaklanjuti serta mencari fakta mengenai wacana perpindahan wilayah hukum enam kecamatan ke Kepolisian Resort (Polres) Kota Banjar.

Caecilia menuturkan, pasalnya selama ini upaya perpindahan wilayah hukum tersebut terkesan banyak sekali ganjalan. Kendati masalah perpindahan wilayah hukum adalah kewenangan Polda, namun dalam hal ini polda juga ingin mengetahui secara jelas dan pasti apakah pengajuan perpindahan hukum itu benar diharapkan oleh masyarakat atau sebaliknya.

“Wacana perpindahan wilayah hukum ini memang awalnya atas dasar pengajuan dari Polres Banjar. Pengajuan itu terjadi ketika Kapolda berkunjung ke Polres Banjar. Dan seiring dengan hal tersebut, disusul pula dengan adanya surat permohonan yang didasari atas keinginan masyarakat di tujuh kecamatan yang masuk ke Polda. Maka dari itu, audensi sekaligus pengisian qusioner ini nantinya yang akan dikaji oleh Kapolda sebagai dasar kebenaran yang terjadi di bawah,” katanya. (Suherman/Koran-HR)

- Advertisment -