Minggu, Juni 26, 2022
BerandaBerita CiamisAgenda KKN Unigal, Optimalisasi Posdaya Dongkrak IPM Ciamis

Agenda KKN Unigal, Optimalisasi Posdaya Dongkrak IPM Ciamis

Kampus Unigal Ciamis. Foto: Dokumentasi HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Galuh pada tahun 2016 ini kembali memprakarsai pembentuk Pos Pemberdayaan Keluarga (Posdaya) di dua puluh enam desa yang tersebar di Kecamatan Panumbangan, Cihaurbeuti, Cikoneng, Sindangkasih dan Sadananya.

Ketua Pelaksana Kegiatan KKN Posdaya 2016, Ade Suherman, S.Pd.,M.Pd., ketika ditemui Koran HR, Selasa (26/01/2016) lalu, mengatakan, Posdaya merupakan gagasan menyambut anjuran pemerintah dalam membangun Sumber Daya Manusia (SDM) melalui partisipasi keluarga secara aktif.

Ade menjelaskan, proses pemberdayaan itu sendiri diprioritaskan pada peningkatan kemampuan keluarga untuk bekerja keras mengentaskan kebodohan, kemalasan dan kemiskinan dalam arti yang luas.

“Fokus pelaksanaan KKN tahun ini adalah tentang optimalisasi pembentukan Posdaya dalam meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kabupaten Ciamis,” katanya.

Lebih lanjut, Ade mengungkapkan, kegiatan KKN tahun ini diikuti oleh 712 peserta atau mahasiswa dari Fakultas Ekonomi (FE), Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKes) dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).

Pada kesempatan yang sama, Ketua LPPM Universitas Galuh, H. Awang Kustiawan, menuturkan, Posdaya merupakan forum komunikasi, silaturahmi, advokasi, penerangan dan pendidikan, sekaligus wadah kegiatan penguatan fungsi keluarga secara terpadu.

Upaya pemberdayaan yang ditawarkan dalam Posdaya, kata Awang, diarahkan untuk mendukung penyegaran fungsi keluarga, yaitu keagamaan, budaya, cinta kasih, perlindungan, reproduksi dan kesehatan, pendidikan, ekonomi, dan lingkungan. (DSW/Koran-HR)

- Advertisment -