Senin, Juni 27, 2022
BerandaBerita TerbaruAwas! Berbohong Bisa Picu Stres & Kanker

Awas! Berbohong Bisa Picu Stres & Kanker

Photo: Ilustrasi net/Ist.

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com),-

Setiap orang pasti pernah berkata bohong, sekecil apapun itu. Bahkan terkadang seseorang terpaksa berbohong demi kebaikan orang lain. Tapi, apapun alasannya, berbohong ternyata berdampak terhadap kesehatan.

Seperti dilansir dari healthmeup.com, bahwa sebuah penelitian mengungkap, dalam satu minggu rata-rata seseorang bisa mengucapkan 11 kali kebohongan. Memang dengan berbohong Anda bisa terhindar dari kemarahan orang lain.

Namun, perlu diwaspadai pula efek bicara bohong bagi kesehatan Anda. Berikut ini adalah efek yang ditimbulkan dari kebohongan, diantaranya sakit punggung, sakit kepala, depresi, pilek, menurunkan tingkat kekebalan tubuh, menyebabkan kecanduan yang tak sehat, meningkatkan risiko kanker, serta dapat juga meningkatkan risiko obesitas.

Secara alami, tubuh telah memiliki alarm yang mampu mendeteksi apakah Anda sedang berbohong atau tidak. Alarm itu berupa tekanan yang muncul secara perlahan, dan dapat membuat Anda stres, karena secara tidak langsung stres bisa mempengaruhi kesehatan tubuh. Selain itu, akan muncul pula keringat dingin.

Bila dibandingkan dengan berbohong, berkata kebenaran adalah hal yang paling mudah, sebab Anda tidak perlu mengingat kebohongan yang dilakukan. Tubuh Anda pun akan berterimakasih, karena dengan mengatakan kebenaran tidak akan memicu stres yang berpengaruh buruk bagi kesehatan Anda. (Eva/R3/HR-Online)

- Advertisment -