Minggu, Juni 26, 2022
BerandaBerita PangandaranBagian Kesra & Kemenag Pangandaran Jalin Koordinasi

Bagian Kesra & Kemenag Pangandaran Jalin Koordinasi

Penjabat (Pj) Bupati Pangandaran, Drs. H. Daud Achmad, dan Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Pangandaran, Drs. H. Eep Nuhyana, M.Pd.I., potong tumpeng dalam acara peringatan HAB Kemenag ke-70. Photo: Madlani/HR.

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com)-

Kepala Bagian (Kabag) Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah Kabupaten Pangandaran, Dani Hamdani, berharap Kementerian Agama Kabupaten Pangandaran menjalin koordinasi dengan pihaknya untuk mensinergikan program dan kegiatan.

“Program dan kegiatan Bagian Kesra erat kaitannya dengan program dan kegiatan Kementerian Agama. Contohnya, pembinaan ulama, guru diniyah. FKDT, Mesjid Jamie, pesantren, PAI, BKPRMI, DMI, NU, ICMI, BAZ, MTQ, Ibadah Haji, dan lain-lainnya,” kata Dani, kepada Koran HR, pekan lalu.

Dani menegaskan, Kementerian Agama Kabupaten Pangandaran bersama-sama dengan Bagian Kesra dapat secara bersama-sama mensinergikan progam kegiatan dan tidak saling mengedepankan ego sektoral.

“Harapannya, mudah-mudahan dengan ini Pangandaran maju dan berkembang,” ucapnya.

Kepada Koran HR, Dani menambahkan, saat ini Bagian Kesra Setda Pangandaran membawahi tiga sub bagian, diataranya sub bagian Bimbingan Masyarakat (Binmas), sub bagian Pelayanan Sosial dan sub bagian Keagamaan. Masing-masing sub bagian memiliki fungsi dan kewenangan yang berbeda.

Di tempat yang sama, Kasubag Binmas, Yanyan Hendayana, S.Ag, ketika ditemui Koran HR, Senin (11/01/2016), mengungkapkan, pihaknya memiliki fokus kegiatan pada fasilitasi dan pembinaan organisasi kemasyarakatan dan kepemudaan.

“Selain itu, kita juga mengupayakan penyusunan Peraturan Bupati tentang petunjuk teknis pembinaan masyarakat serta penyusunan kebijakannya,” kata Yanyan.

Senada dengan itu, Kasubag Pelayanan Sosial (Yansos), Rodih, ketika ditemui Koran HR, Senin (11/01/2016), menuturkan, pihaknya juga memiliki kewenangan tersendiri. Hal itu meliputi kordinasi dan fasilitasi pelayanan sosial, serta penyiapan bahan penyusunan kebijakan di bidang pelayanan sosial.

“Misalnya, kerjasama dengan dinas kesehatan, bidang sosial, penanganan HIV, anak gelandangan, usaha kesehatan sekolah (UKS), bantuan kemasyarakatan, dan lain-lainnya,” kata Rodih.

Hal serupa juga disampaikan Kasubag Keagamaan, Rakhmat, S.Pd.I. Ketika ditemui Koran HR, Rahmat menjelaskan, di bagian keagamaan, pihaknya menyusun agenda kegiatan seperti pengajian rutin, pembinaan, tarling, kegiatan amaliah ramadhan, pelepasan pemberangkatan dan pemulangan jemaah haji, bantuan organisasi keagaaman, Seleksi Tilawatil Quran (STQ) tingkat kecamatan, kabupaten dan propinsi.

“Selanjutnya, kegiatan Pekan kreatifitas Seni PAI SD tingkat Kabupaten dan propinsi, pembinaan Majelis Ulama Indonesia (MUI), pembinaan FKDT, pembinaan Badan Komunikasi Majelis taklim Mesjid (BKMM), pengajian triwulan, Pembinaan Dewan Mesjid Indonesia (DMI), Pembinaan PUI, Pembinaan BAZ, pembinaan ICMI, pembinaan badan koordinasi pemuda remaja mesjid indonesia (BKPRMI), pembinaan NU, Muhammadiyah, IPHI, Implementasi Pangandaran Madani, forum pesantren, hari santri nasional, IGRA,” ucapnya.

Rakhmat menyebutkan, di Bulan Februari dan Maret, pihaknya akan mempersiapkan pembinaan MTQ menuju persiapan MTQ Propinsi Jawa Barat yang rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 16 s/d 21 April 2016. Selain itu, pihaknya juga mengagendakan pengajian mingguan untuk pegawai Setda Pangandaran. Pengajian dilaksanakan sekitar 15 menit setelah apel pagi. Pematerinya melibatkan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pangandaran.

“Kami juga mengagendakan kegiatan silaturahmi Bupati dan Wakil Bupati dengan alim ulama, tokoh agama di 10 kecamatan. Kegiatan ini akan dilaksanakan untuk dua mingguan,” pungkasnya. (Mad/Koran-HR)

- Advertisment -