Charli Setia Band Tanam Manggrove di Jembatan Cinta Pangandaran

Charli, Vokalis Setia Band, saat melakukan penanaman mangrove di kawasan Pantai Batukaras tepatnya di area Manggrove Sanghiang Kalang atau lebih dikenal Jambatan Cinta Manggrove, di Desa Batukaras, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran, Sabtu (02/01/2016). Foto: Asep Kartiwa/HR

IMG_4182

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Muhammad Charli Van Houten, Vokalis Setia Band, yang didaulat sebagai duta parawisata dan duta lingkungan hidup, melakukan penanaman mangrove di kawasan Pantai Batukaras tepatnya di area Manggrove Sanghiang Kalang atau lebih dikenal Jambatan Cinta Manggrove, di Desa Batukaras, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran, Sabtu (02/01/2016).

Di sela-sela kunjungan di Batukaras, Charli mengatakan kedatangannya ke Batukaras diharapkan menjadi spirit bagi pembangunan pariwisata di Kabupaten Pangandaran. Menurutnya, alam sangat memiliki nilai yang sangat luar biasa. Dengan begitu, masyarakat harus sadar dengan kekayaan alam yang sangat tinggi nilainya itu.

“Masyarakat harus memberikan warna dalam menjaga dan mengelola alam agar tetap lestari dan asri, khususnya di Kabupaten Pangandaran ini,” ujarnya, kepada HR Online, di sela-sela acara.

Terkait potensi alam dan parawisata di Kabupaten Pangandaran, Cahrli menyatakan sangat luar biasa. Pangandaran, kata dia, potensinya sangat luar biasa, tinggal penataan dan pemeliharaannya saja agar lebih baik.

“Jika potensi alam ini dikelola dengan baik, saya kira akan menghasilkan sesuatu yang baik dan besar. Di Pangandaran ini banyak potensi alam yang indah, tinggal sedikit dipoles dan ditata agar lebih cantik dan yang utama, yakni dijaga kebersihan lingkungannya,” katanya.

Charli juga mengingatkan tentang kesadaran masyarakat sekitar dalam menjaga potensi alam tersebut. Menurutnya, apabila potensi alam yang indah itu tidak dijaga dengan baik, tentunya sangat disayangkan. Karena, menurutnya, potensi alam yang luas biasa indahnya di Pangandaran merupakan angurah dari Tuhan.

“Masyarakat Pangandaran sangat rugi apabila potensi alam yang indah ini tidak dijaga dengan baik. Karena tidak semua daerah memiliki potensi alam seperti di Pangandaran ini,” katanya.

Sumarwoto salah seorang pengelola tour operator Charli di Pangandaran, mengatakan, selama di Pangandaran, Charli berkunjung ke Pantai Batukaras dan berakhir di Batuhiu untuk melihat penangkaran Penyu.

Sementara itu, Ateng Ketua Pokwasamas Batukaras, mengatakan, pihaknya menyiapkan 20 pohon maggrove untuk ditanam Charli. Dia berharap kedatangan Charli ke Hutan Manggrove Sanghiayangkalang Batukaras dapat memberi spirit bagi masyarakat Pangandaran untuk mencintai lingkungan hidup. (Askar/R2/HR-Online)