Selasa, Juni 28, 2022
BerandaBerita CiamisDBD Serang Warga Ciamis, Satu Orang Dinyatakan Positif

DBD Serang Warga Ciamis, Satu Orang Dinyatakan Positif

Petugas kesehatan dari Puskesmas Kertahayu tengah melakukan fogging salah satu rumah warga Dusun Cisaar, Desa Kertahayu, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis. Photo: Suherman/HR.

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Adanya temuan kasus demam berdarah (DBD) yang terjadi di Dusun Cisaar, Desa Kertahayu, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Ciamis bekerjasama dengan Puskesmas dan Pemdes Kertahayu, Rabu siang ini (27/01/2016), melakukan penyemprotan (fogging) ke rumah-rumah penduduk yang berada di wilayah tersebut.

Petugas Puskesmas Kertahayu, Tatang Utia, Am.Kl., mengatakan, fogging dilakukan setelah ada kejadian DBD yang menyerang warga Dusun Cisaar pekan lalu.

“Atas dasar laporan dari pemerintah setempat dan munculnya kejadian penyerangan nyamuk aedes aegypti yang terjadi dalam sepekan ini, kami dari Dinas Kesehatan langsung tanggap dan melakukan penyemprotan ke setiap rumah yang ada di Dusun Cisaar secara menyeluruh,” kata Tatang, kepada HR Online.

Selain upaya penyemprotan, pihaknya juga memberikan himbauan kepada masyarakat Desa Kertahayu, terkait upaya pencegahan dan penanggulangan penyakit DBD dengan cara 3M, yaitu Menguras, Menutup dan Mengubur barang barang bekas yang dijadikan sarang untuk berkembang biak nyamuk aedes aegypti.

Tatang menyebutkan, dari hasil pendataan yang dilakukan oleh Puskesmas Kertahayu, ada tiga RT di Dusun Cisaar yang terkena serangan nyamuk tersebut. Ketiga RT itu meliputi RT.03, RT.09 dan RT.10.

“Satu orang sudah positif terkena DBD, 3 orang masih dalam status terduga, dan 9 orang masih dideteksi demam biasa,” pungkasnya. (Suherman/R3/HR-Online)

- Advertisment -