Sabtu, Juni 25, 2022
BerandaBerita CiamisDi Ciamis, Ada 23 Temuan Baru Lokasi Sejarah Peninggalan Kerajaan

Di Ciamis, Ada 23 Temuan Baru Lokasi Sejarah Peninggalan Kerajaan

Buku Naskah kuno dan Batu Kuno yang terdapat di kawasan Situs Gandoang, Dusun Cipeucang, Desa Wanasigra, Kecamatan Sindangkasih, Kabupaten Ciamis, salah satu benda peninggalan sejarah kerajaan yang baru dilaporkan ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Ciamis. Photo : Dokumentasi HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Ciamis, selama tahun 2015, mencatat ada sebanyak 23 lokasi sejarah dan budaya peninggalan kerajaan masa lalu yang ditemukan di wilayah Kabupaten Ciamis. Temuan baru itu diperoleh setelah Disdikbud mendapat laporan dari ahli sejarah dan masyarakat di sekitar lokasi sejarah.

“Tahun 2014, Bidang Kebudayaan dialihkan dari Dinas Parawisata ke Dinas Pendidikan. Saat peralihan itu, kami menerima data dari Dinas Parawisata bahwa ada 13 lokasi sejarah dan peninggalan kerajaan di wilayah Kabupaten Ciamis,” kata Kabid Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Ciamis, Dudung Abdulah, saat memberikan sambutan di acara saresehan sehari menggali sejarah dan budaya mengenai eks Kadipaten Galuh Ciancang Utama, di Desa Utama, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Minggu (10/01/2016) lalu.

Namun, lanjut Dudung, setelah selama satu tahun lebih Bidang Kebudayaan berada di bawah naungan Disdibud, ternyata pihaknya mendapat banyak laporan dari masyarakat terkait lokasi sejarah dan budaya yang belum diakui keberadaannya oleh pemerintah.

“Dari sekian banyak laporan itu, kemudian kami melakukan penelitian bersama ahli sejarah. Hasilnya, ada sekitar 23 lokasi sejarah dan budaya bekas peninggalan kerajaan yang fakta pendukungnya bisa dipertanggungjawabkan,” ungkapnya.

Dengan begitu, kata Dudung, jumlah lokasi sejarah dan budaya bekas peninggalan kerajaan di wilayah Ciamis kini tercatat sebanyak 36. “ Dengan adanya acara seresehan yang tujuannya untuk menggali sejarah eks Kadipaten Galuh Ciancang Utama ini, jelas sangat membantu kami dalam mencatat peninggalan-peninggalan sejarah kerajaan masa lalu yang berdiri di wilayah Ciamis, “ ujarnya.

Dudung mengungkapkan, Kabupaten Ciamis memang menyimpan banyak sekali peninggalan sejarah. Bahkan, dia meyakini masih banyak lagi peninggalan sejarah di Ciamis yang belum tercatat. “Dari 36 lokasi sejarah dan budaya yang kami catat, hampir seluruhnya diperkuat dengan bukti-bukti sejarah, diantaranya situs dan benda-benda artefak,” ungkapnya. (es/R2/HR-Online)

- Advertisment -