Senin, Juni 27, 2022
BerandaBerita CiamisDisperindagkop Ciamis Baru Bisa Perhatikan 20 Persen IKM

Disperindagkop Ciamis Baru Bisa Perhatikan 20 Persen IKM

Ilustrasi. Foto: Ist/Net

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Kepala Bidang Perindustrian & Perdagangan, Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM (Disperindagkop) Kabupaten Ciamis, Agus Yani, mengaku baru bisa memberikan pembinaan dan pelatihan kepada sekitar 1.800 pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) atau sekitar 20 persen dari total 9.406 IKM.

“Saat ini, total seluruh IKM tersebut mampu menyerap 42 ribu orang tenaga kerja. Pembinaan yang dilakukan Pemerintah Ciamis (Disperindagkop) baru bisa mencapai sekitar 20 persen,” katanya, kepada Koran HR, pekan lalu.

Agus menjelaskan, pembinaan dan pelatihan yang diberikan kepada para pelaku IKM tersebut diantaranya merupakan program fasilitasi bantuan dan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM).

“Bantuannya berupa peralatan, mesin, legalitas formal P-IRT dan lainnya. Memang, jumlahnya sangat sedikit bila dibandingkan dengan potensi yang ada. Hal itu karena anggaran yang ada di pemerintah sangat terbatas,” ucapnya.

Lebih lanjut, Agus menuturkan, karena keterbatasan anggaran tersebut, Disperindagkop hanya mampu melakukan pembinaan dan pelatihan kepada IKM secara bertahap. Namun demikian, Disperindagkop berharap di tahun-tahun mendatang bantuan untuk pelaku IKM semakin besar.

“Disperindag sudah mengajukan bantuan bagi pelaku IKM kepada Pemerintah Provinsi dan Kementrian,” katanya.

Selama ini, kata Agus, perhatian pemerintah kepada pelaku IKM sebenarnya cukup besar, hanya saja bantuan dari pemerintah sifatnya bergilir. Dia menegaskan, tidak semua IKM mendapat bantuan, kecuali bila pelaku IKM sudah merasa siap. (DSW/Koran-HR)

- Advertisment -