Rabu, Juni 29, 2022
BerandaBerita CiamisDuh! 115 Balita di Kabupaten Ciamis Idap Gizi Buruk

Duh! 115 Balita di Kabupaten Ciamis Idap Gizi Buruk

Ilustrasi. Foto: Ist/Net

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Ciamis, Provinsi Jawa Barat, melansir jumlah balita penderita gizi buruk di Kabupaten Ciamis pada tahun 2015 sebanyak 115 orang. Jumlah itu menurun dibandingkan tahun sebelumnya yang berjumlah sekitar 120 orang penderita gizi buruk.

Kasi Kesehatan Keluarga Dinkes Ciamis, Heni Sumarni, S.Sos, SST, ketika ditemui Koran HR, Selasa (26/01/2016), mengatakan, penurunan jumlah penderita gizi buruk di Kabupaten Ciamis belum signifikan.

Heni menjelaskan, penderita gizi buruk tersebar di 26 kecamatan. Paling banyak terdapat di wilayah Kecamatan Ciamis dan Rancah. Di Kecamatan Ciamis, pada tahun 2015 terdapat sekitar 11 orang penderita.

“Jumlah itu menurun dibandingkan tahun sebelumnya yang berjumlah 15 orang. Sedangkan di Rancah, pada tahun 2015 jumlahnya 8 orang, menurun dari tahun sebelumnya yang berjumlah 12 orang,” kata Heni.

Lebih lanjut, Heni mengungkapkan, penurunan jumlah penderita gizi buruk diprakarsai oleh program intervensi makanan tambahan yang bersumber dari APBD II dan bantuan Operasional (BOK) dan Pemberian Makanan Tambahan Pemulihan (PMTP).

“BOK diberikan pada Bulan Juni sampai Agustus. Sedangkan dari APBD diberikan pada September sampai November,” katanya.

Mayoritas penderita gizi buruk, kata Heni, berada di kisaran usia dua tahun ke atas. Namun, belum lama ini pihaknya menemukan kasus baru, yakni penderita gizi buruk di kisaran usia anak delapan buan.

Pada kesempatan itu, Heni menambahkan, penyebab terjadinya gizi buruk beragam, diantaranya faktor ekonomi, salah pola asuhan dan penyakit. (DSW/Koran-HR)

- Advertisment -