Selasa, Juni 28, 2022
BerandaBerita CiamisHadapi MEA, SDM Aparatur Desa di Ciamis Harus Ditingkatkan

Hadapi MEA, SDM Aparatur Desa di Ciamis Harus Ditingkatkan

Ilustrasi. Foto: Ist/Net

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat, Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Ciamis, Propinsi Jawa Barat, Dian Budiana, menyatakan, sumber daya manusia (SDM) aparatur desa harus ditingkatkan menghadapi diberlakukannya Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

Dian menuturkan, era MEA tidak bisa dihindari karena sudah merupakan komitmen bangsa Indonesia dengan Negara-negara yang ada di kawasan ASEAN.

“Hal ini menimbulkan dua pertanyaan, apakah desa hanya akan menjadi penonton atau menjadi pemain. Kalau menjadi penonton diam jangan ada yang dilakukan. Kalau menjadi pemain harus bisa mempersiapkannya,” kata Dian, belum lama ini.

Khusus di Kabupaten Ciamis, Dian mengungkapkan, pemerintah desa harus bisa bersaing dengan desa-desa yang ada di luar daerah, bahkan dengan seluruh desa yang ada di seluruh wilayah Indonesia.

Dian menegaskan, salah satu strategi untuk bisa bersaing, desa harus mulai berani memproklamirkan keunggulan yang ada di desanya. Dengan begitu, desa bisa dikenal mulai dari tingkat lokal, regional bahkan internasional.

“Ini harus dikerjakan sungguh-sungguh. Untuk itu, program pemberdayaan masyarakat tidak bisa dilakukan dengan instan, karena harus melalui proses, dipahami, dimengerti dan dilaksankan oleh seluruh komponen. Dan sementara ini, beberapa desa sudah dipanggil pemerintah propinsi untuk mengikuti pelatihan menghadapi era MEA,” pungkasnya. (DSW/Koran-HR)

- Advertisment -