Ini Cara BPBD Pangandaran Percepat Tangani Bencana

Pembentukan Forum Relawan Bencana digelar Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pangandaran. Photo: Entang SR/HR.

Pembentukan Forum Relawan Bencana digelar Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pangandaran. Photo: Entang SR/HR.

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pangandaran, membentuk Forum Relawan Penanganan Bencana, Selasa (05/01/2016). Dengan dibentuknya forum tersebut, diharapkan para relawan siap menangani bila terjadi bencana di wilayah Kabupaten Pangandaran.

Kepala BPBD Kabupaten Pangandaran, Nana Ruhena, mengatakan, acara pembentukan forum diikuti seluruh ketua perwakilan penanganan bencana se- Kabupaten Pangandaran sebanyak 60 orang.

“Di semua wilayah Pangandaran mesti ada relawan-relawan yang siap menangani bencana bila terjadi. Relawan boleh dari mana saja, dengan catatan setiap relawan harus siap setiap waktu, terlebih lagi pada saat kejadian. Hal tersebut guna keakuratan data yang valid di lapangan,” jelasnya.

Pada kesempatan itu, BPBD Kabupaten Pangandaran memberikan pemahaman kepada setiap relawan mengenai pencegahan bencana, kesiap-siagaan bencana saat darurat bencana, serta penanganan pasca bencana.

“Pembekalan pemahaman ini juga untuk memudahkan komunikasi antara relawan dengan BPBD, dan atau dengan instansi terkait. Semoga saja dengan dibentuknya relawan dan pembekalan terhadap para relawan, penanganan bencana bisa dengan cepat teratasi,” harap Nana. (Ntang/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA