Kamis, Juni 30, 2022
BerandaBerita BanjarIni Dia Penyebab Harga Daging Ayam di Banjar Terus Naik

Ini Dia Penyebab Harga Daging Ayam di Banjar Terus Naik

Ilustrasi. Photo : net/ist

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Sejumlah pedagang di Pasar Banjar mengatakan, terus naiknya harga jual daging ayam yang saat ini sudah mencapai Rp.39.000/kg, disebabkan karena bandar atau distributor mengalami pembengkakan biaya pembibitan.

“Informasi yang saya dapat dari bandar yang biasa ngirim, harga jual ayam naik dipicu kenaikan harga DOC (Day Old Chick), pengurangan DOC dan naiknya harga pakan,” ungkap salah satu pedagang ayam di Pasar Banjar, Wawan (30), saat ditemui HR Online, Rabu (13/01/2016).

Kondisi pembibitan seperti itu, imbuh dia, harga jual ayam di bandar secara otomatis akan naik. Hal ini pula berimbas terhadap harga jual ayam di pasar yang akan terus naik.

“Jadi inti masalahnya imbas dari DOC dan pakan mahal menjadikan harga ayam ikut naik,” tandas dia.

Belum lagi, lanjut dia, permasalahan diantara pedagang di pasar berbeda-beda pemasoknya. Sehingga harga yang dijual di pasaran tidak sama sesuai dengan harga beli ke pemasok.

“Itulah penyebab kemarin kita bisa melakukan aksi mogok berjualan. Ada perbedaan atau tidak seragam dalam menjual ke konsumen. Dengan demikian, perlu ada solusi dan pembenahan dari pemerintah,” ujarnya. (Nanks/R5/HR-Online)

- Advertisment -