Sabtu, Juni 25, 2022
BerandaBerita BanjarJabatan Kades Berakhir, BPD Sinartanjung Banjar Ajukan Pjs dari PNS

Jabatan Kades Berakhir, BPD Sinartanjung Banjar Ajukan Pjs dari PNS

Photo: Ilustrasi net/Ist.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Seiring masa jabatan Kepala Desa Sinartanjung, Suwarman, berakhir pada tanggal 16 Januari ini, maka kekosongan jabatan tersebut akan diisi oleh Penjabat sementara (Pjs) dari PNS. Pasalnya, jika harus menunggu Pilkades serentak masih terlalu lama, yaitu pada tahun 2018.

Ketua BPD Sinartanjung, Dede Kurnia, mengaku, pihaknya sudah dari jauh-jauh hari menyampaikan surat pemberitahuan kepada Walikota Banjar, atas berakhirnya masa jabatan Kepala Desa Sinartanjung.

“Sebagaimana peraturan yang ada, Pjs kepala desa dapat diisi oleh PNS. Untuk itu, kini kami sedang menunggu PNS Pemkot Banjar yang akan ditempatkan oleh Walikota,” ujarnya, kepada HR Online, Jum’at (08/01/2016).

Dia juga mengatakan, bahwa sebelumnya Pemkot Banjar melalui Kecamatan Pataruman, meminta pihak BPD untuk mengusulkan nama Pjs. Namun, Pihak BPD sendiri tidak bersedia mengusulkan, dengan alasan khawatir jika orang yang diusulkan itu nantinya dalam menjalankan roda pemerintahan tidak sesuai harapan.

Atas dasar itu, maka selanjutnya pihak Kecamatan Pataruman kembali mengirimkan surat kepada Walikota Banjar, guna menempatkan PNS jadi Pjs. Kades Sinartanjung. “Jadi kami tetap menyerahkan sepenuhnya pada pemkot untuk menempatkan Pjs dari PNS. Karena yang kami tahu aturannya seperti itu,” tandas Dede Kurnia.

Berbeda dengan pihak BPD, salah seorang tokoh masyarakat di desa tersebut, Dede Irawan, menghendaki Pjs. kades dapat diisi oleh warga setempat dan diusulkan melalui musyawarah desa. Sebab menurut dia, dalam aturannya pun hal itu bisa dilakukan, yang penting mengerti atau berpengalaman dalam menjalankan roda pemerintahan desa.

“Saya sendiri dan sebagian banyak masyarakat mengharapkan bukan diisi dari PNS, tapi oleh warga setempat, dan kami anggap Suwarman bisa melanjutkan jadi Pjs. Suwarman berkompeten dan sudah terlihat hasilnya semasa menjabat kades,” kata Dede Irawan. (Nanks/R3/HR-Online)

- Advertisment -