Selasa, Agustus 16, 2022
BerandaBerita CiamisKodim Ciamis Selidiki Motif dan Pelaku Penyebar Uang Bergambar ISIS

Kodim Ciamis Selidiki Motif dan Pelaku Penyebar Uang Bergambar ISIS

Dandim 0613 Ciamis, Letkol (Inf) Rudi Jan Pribadi

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Setelah adanya laporan terkait uang pecahan Rp. 50 ribu yang diberi gambar simbol kelompok ISIS (Islamic State of Iraq and Syria) ditemukan di Dusun Sembungjaya, Desa Cisaga, Kecamatan Cisaga, Kabupaten Ciamis, Kodim 0613 Ciamis langsung mengamankan barang bukti tersebut.

Dandim 0613 Ciamis, Letkol (Inf) Rudi Jan Pribadi, mengatakan, pihaknya mendapatkan uang bergambar ISIS itu dari dari sebuah warung kelontongan dan counter handphone di wilayah kecamataan Cisaga. “Adanya temuan ini, langsung kami dalami bersama kepolisian. Kami akan menyelediki motif dan siapa orang yang menggambar lambang ISIS pada uang pecahan Rp. 50 ribu ini,” katanya, kepada Koran HR, Selasa (26/01/2016). [Berita Terkait: Geger! Uang Bergambar Simbol ISIS Beredar di Ciamis]

Meski begitu, Rudi meminta masyarakat tidak terprovokasi dengan adanya temuan tersebut. Karena, menurutnya, saat ini belum dapat dipastikan apakah motif tersebut sebagai upaya penyebaran paham ISIS di Kabupaten Ciamis. “Bisa saja ada orang yang iseng melakuan corat coret pada uang tersebut,” imbuhnya.

Namun demikian, lanjut Rudi, tulisan ISIS yang ditemukan pada pecahan Rp. 50 ribu tersebut sangat tidak lazim. Karena itu, pihaknya akan mendalami motif dan pelakunya. “ Uang itu sudah kami amankan untuk menjadi barang bukti guna mendalami kasus ini. Kami pun meminta kepada masyarakat apabila menemukan uang bergambar sejenis, harap segera lapor ke kantor Polsek atau Koramil terdekat,” pungkasnya. (Heri/Koran-HR)