Rabu, Juni 29, 2022
BerandaBerita BanjarKoramil Langensari Banjar Imbau Pemuda Waspadai Organisasi Sesat

Koramil Langensari Banjar Imbau Pemuda Waspadai Organisasi Sesat

Anggota Koramil Langensari saat uji PBB dan Bela Negara, pada Pramuka penegak SLTA se-kec. Langensari, di acara Perkemahan Dianpisat, di SMP 4 Banjar, Sabtu (16/01/205). Photo : Nanang Supendi/HR.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Koramil 1325 Langensari Kota Banjar mengajak para pemuda ikut mewaspadai masuknya organisasi asing atau organisasi sesat, seperti halnya sekarang ini yang sedang menjadi sorotan yaitu Gafatar (Gerakan Fajar Nusantara).

“Kalian sebagai remaja atau pemuda yang tergabung dalam pramuka harus sama-sama masyarakat mewaspadai setiap ormas atau gerakan yang cenderung eksklusif dan tidak terbuka,” kata anggota Koramil 1325 Langensari, Sersan Wardiyanto, di hadapan 60 pramuka tingkat SLTA Kwartir Ranting Langensari, saat memberikan materi PBB dan Bela Negara dalam acara Perkemahaman Dianpisat (Gladian Pimpinan Satuan Penegak), di SMP 4 Banjar, Sabtu (16/01/205).

Gerakan demikian itu, imbuh dia, muaranya pasti bermisi untuk menyebarkan doktrin-doktrin yang menyimpang. Jadi perlunya kejelian dan kehati-hatian.

“Pendidikan bela Negara dan PBB ini, jadikan bekal kepribadian yang mandiri salah satunya guna menangkal pengaruh organisasi asing tersebut,” tandasnya.

Sementara Ketua Kwartir Ranting Pramuka Kec. Langensari, Irwan Adi Sudarso, mengatakan, sebagaimana tujuan kegiatan ini sebagai media pemupukan pendidikan karakter bagi kaum muda, maka pramuka dengan jiwa bermartabatnya harus menghindari pengaruh asing yang dapat menyesatkan.

“Kami juga mendesak kepada pemerintah daerah dalam hal ini Pemkot Banjar untuk segera melakukan investigasi yang valid, dan mengabarkan kepada khalayak mengenai jati diri ormas Gafatar,” tegasnya.

Menurutnya, masyarakat berhak tahu seluk beluk dan sepak terjang ormas Gafatar ini. Sebab, beberapa hari ini menjadi perbincangan yang instens.

“Diakui PMPDKBPol Kota Banjar, Gafatar sendiri pernah masuk ke kota kita ini dan mencoba mendaftarkan diri dengan meminta SKT, serta meminta izin kegiatan sosial di Kec. Langensari. Jadi perlu ada upaya sosialisasi pencegahan ke setiap sekolah dan lembaga masyarakat lainnya,” ucap Irwan. (Nanks/R5/HR-Online)

- Advertisment -