Senin, Juni 27, 2022
BerandaBerita BanjarMinim Penerangan, Jalan Siliwangi Banjar Rawan Laka Lantas

Minim Penerangan, Jalan Siliwangi Banjar Rawan Laka Lantas

Bila malam hari, Jalan Siliwangi, tepatnya di Lingkungan Cikadu, Kelurahan Karangpanimbal, Kecamatan Purwaharja, Kota Banjar, gelap. Kondisi ini kerap menimbulkan kecelakaan lalu-lintas. Photo: Hermanto/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Kecelakaan lalu-lintas kerap terjadi di Jalan Siliwangi, tepatnya di Lingkungan Cikadu, Kelurahan Karangpanimbal, Kecamatan Purwaharja, Kota Banjar. Kecelakaan tersebut selain akibat faktor kelalaian pengemudi, juga disebabkan karena minimnya lampu penerangan di jalan tersebut.

Menurut Elan Cahyadi (60), warga setempat, tidak sedikit kecelakaan maut terjadi di jalan itu. Sepanjang tahun 2015 saja, jumlah kecelakaan maut terjadi sebanyak empat kali hingga menewaskan si pengendara.

“Kecelakaan lalu-lintas sering terjadi di sini akibat minimnya lampu penerangan jalan umum,” ujar Elan, kepada HR, pekan lalu.

Pendapat serupa dikatakan warga lainnya, Egi Firmanyah (28). Menurut dia, selain minimnya lampu penerangan jalan, kecelakaan juga kerap terjadi karena si pengemudi dalam melajukan kendaraannya dengan kecepatan tinggi.

Sedangkan menurut Edi Jarkoni (34), masih warga setempat, meski sudah ada fasilitas lampu penerang jalan umum (PJU), namun lampu-lampu tersebut tidak berfungsi alias padam.

Terkait dengan hal itu, Kapolsek Purwaharja, Iptu. Kasan Bisri, membenarkan, bahwa memang di jalan tersebut jika malam hari kondisinya gelap. Selain itu, rambu-rambu lalu-lintas pun tidak ada.

“Kalau malam hari jalan ini gelap, rambu-rambu petunjuk arah tidak ada, sehingga di sini kerap terjadi kecelakaan lalu-lintas,” terangnya, kepada HR, saat ditemui di ruang kerjanya.

Guna meningkatkan keselamatan warga, khususnya para pengendara, pihaknya akan berkoordinasi dengan instansi terkait supaya segera dipasang rambu-rambu lalu-lintas, dan lampu PJU bisa secepatnya diperbaiki. (Hermanto/Koran-HR)

- Advertisment -