Selasa, Agustus 16, 2022
BerandaBerita PangandaranPasca Libur Panjang, Wisatawan Tinggalkan Sampah di Pangandaran

Pasca Libur Panjang, Wisatawan Tinggalkan Sampah di Pangandaran

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Perayaan malam pergantian tahun 2015-2016 di sejumlah tempat wisata yang ada di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, menyisakan tumpukan sampah, salah satunya di lapangan dan di sepanjang kawasan Pantai Pangandaran.

Kepala Bidang Kebersihan, Pertamanan dan Pemakaman Dinas Kebersihan Kabupaten Pangandaran, Deni Ramdani, menyebutkan, sepanjang musim libur Natal dan Tahun Baru 2016, volume sampah meningkat hingga 4 kali lipat dari hari biasanya.

“Peningkatan volume sampah itu terjadi akibat para pengunjung yang datang ke Pangandaran, lalu meninggalkan sampah,” ujarnya, kepada HR Online, Minggu (03/01/2016).

Lanjut Deni, lonjakan pengunjung sudah terjadi sejak sepekan sebelum perayaan malam Tahun Baru, dan terus meningkat hingga pesta pergantian tahun usai.

Begitu pula dengan sampah yang ada. Karena, disaat pengunjung membludak, otomstis sampah pun meningkat.

“Produksi sampah dipastikan meningkat 100 persen, bahkan lebih dari biasanya. Normalnya sekitar 60 kubik. Produksi sampah terbanyak terdapat di Pantai Barat Pangandaran dan sepanjang tollgate, dan sampah yang paling mendominasi sampah plastik,” pungkas Deni. (Ntang/R3/HR-Online)