Pelantikan Bupati- Wakil Bupati Pangandaran Digelar Akhir Januari?

Bupati-Wakil Bupati Pangandaran Terpilih, H. Jeje Wiradinata- H. Adang Hadari

jihad

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Ketua DPRD Pangandaran, Iwan M. Ridwan, mengatakan, berdasarkan informasi yang diperoleh dari Pemprov Jabar, pelantikan bupati-wakil bupati terpilih hasil Pilkada Serentak 2015 rencananya akan digelar akhir bulan Januari 2016. Acara pelantikan tersebut akan dilakukan serentak di satu tempat yang diikuti oleh 7 bupati/wakil atau walikota/wakil terpilih Jawa Barat atau yang sebelumnya menggelar Pilkada Serentak.

“Supaya tidak terjadi kekosongan kepala daerah/wakil yang terlalu lama, maka Pemprov saat ini tengah mengupayakan untuk mempercepat pelantikan di kabupaten/kota di Jawa Barat yang sebelumnya menggelar Pilkada Serentak,” ujarnya, kepada HR Online, Senin (04/01/2016). [Berita Terkait: Pekan Ini, DPRD Pangandaran Usulkan Pelantikan Bupati-Wakil Bupati Terpilih]

Iwan menambahkan penyerahan surat keputusan KPUD terkait pelantikan bupati-wakil bupati terpilih secara resmi ke DPRD hari ini sudah dilakukan. Setelah dilakukan pengecekan persyaratan oleh DPRD, lanjut dia, kemudian akan diserahkan ke Kemendagri melalui Gubernur. “ Kita targetkan dalam pekan ini proses di DPRD sudah selesai dan langsung surat usulan pelantikannya kita kirim ke Kemendagri melalui Gubernur,” ujarnya.

Iwan menambahkan sesuai dengan UU no 8 tahun 2015 pasal 160 ayat 4 bahwa setelah surat keputusan KPUD disampaikan ke Kemendagri melalui Gubernur, maka waktu prosesnya selambat-selamatnya selama 20 hari. Diharapkan, setelah pekan ini surat pengusulan pelantikan dikirim ke Kemendagri, maka pada akhir Januari bisa dilakukan pelantikan kepala daerah/wakil di 7 daerah Kab/kota se Jawa Barat.

“Mudah-mudahan prosesnya lancar dan tidak terjadi kendala, sehingga pada akhir Januari atau selambat-lambatnya bulan Februari pelaksanaan pelantikan bupati-wakil bupati terpilih sudah bisa dilaksanakan,” pungkasnya. (Mad/R2/HR-Online)