Minggu, Juli 3, 2022
BerandaBerita CiamisPembangunan RSUD Kawali Ciamis Telan Anggaran Rp. 50 Milyar

Pembangunan RSUD Kawali Ciamis Telan Anggaran Rp. 50 Milyar

Maket bangunan RSUD Kawali Kawali yang berlokasi di Jalan Raya Ciamis- Cirebon atau tepatnya di Desa Winduraja, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis. Foto: Subagja Hamara/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Proyek pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kawali yang berlokasi di Jalan Raya Ciamis- Cirebon atau tepatnya di Desa Winduraja, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, akan dimulai tahun ini. Untuk tahap pertama, Pemkab Ciamis sudah menyiapkan anggaran sebesar Rp. 16 milyar yang dananya bersumber dari bantuan provinsi.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis, drg. Engkan Iskandar, didampingi Kabid Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan Ciamis, Maman, mengatakan, untuk membangun infrastruktur RSUD Kawali hingga tuntas, dibutuhkan anggaran sekitar Rp. 50 milyar. Sebelum tahap pembangunan, kata dia, pihaknya terlebih dahulu akan menyiapkan Detail Engineering Design (DED) guna menghitung Rencana Anggaran Belanja (RAB) dan kebutuhan lainnya.

“Proses pembuatan DED ditargetkan rampung hingga bulan Mei mendatang. Setelah DED beres, kemudian dilanjutkan pada proses lelang proyek fisik pembangunan RSUD. Kalau tidak ada kendala, dimungkinkan bulan Juni atau Juli proyek fisik sudah dimulai,” ujarnya, kepada Koran HR, di ruang kerjanya, Selasa (19/01/2016).

Engkan menambahkan, pada proyek pembangunan tahap pertama, ditargetkan bisa membangun poliklinik, gedung manajemen, gedung Instalasi Gawat Darurat (IGD) dan sebagian gedung rawat inap.

“Pembangunannya dilakukan secara bertahap, karena terbatasnya anggaran yang dimiliki Pemkab. Namun, diupayakan proyek pembangunan RSUD ini terus berjalan pada tahun berikutnya dan ditargetkan tuntas seluruhnya pada tahun 2018 mendatang,” terangnya. (Bgj/Koran-HR)

- Advertisment -