Minggu, Juni 26, 2022
BerandaBerita CiamisPemkab Ciamis Perlu Buat Aturan Tangani Vandalisme

Pemkab Ciamis Perlu Buat Aturan Tangani Vandalisme

Ilustrasi. Foto: Ist/Net

 

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Pemerintah Kabupaten Ciamis perlu menerbitkan peraturan baru untuk mengatasi aksi vandalisme yang semakin meresahkan masyarakat. Saat ini, aksi vandalisme di wilayah perkotaan Ciamis terkesan tidak dapat tertangani dan masih menjadi polemik.

Dian Herdian (30), warga Sindangkasih, ketika ditemui Koran HR, belum lama ini, mengatakan, fenomena aksi vandalisme atau corat-coret dinding dan tembok ruang publik di Kabupaten Ciamis seolah makin sulit dikendalikan. Jika ditelusuri, banyak tembok pagar atau dinding ruang-ruang publik dan fasilitas umum dipenuhi coretan tidak jelas, bahkan cenderung kasar dan kotor.

“Lihat saja halte ini, padahal masih baru tetapi sudah penuh dengan coretan-coretan tidak jelas. Kan sayang halte yang awalnya bagus tetapi jadi kumuh gara-gara coretan tidak jelas,” ungkapnya.

Diakui Dia, aksi vandalisme sulit sekali diberantas. Berbagai upaya sudah dilakukan pemerintah untuk meminimalisir aksi tersebut, tapis ayangnya vandalisme tetap kian menjamur.

“Perlu peraturan baru penanggulangan aksi vandalisme yang dapat memberikan efek jera kepada pelakunya,” kata Dian.

Wawan Setiawan, Wakasek Kesiswaan SMK Taruna Bangsa, juga menyayangkan aksi vandalisme yang sudah merusak fasilitas publik tersebut. Dia juga menyayangkan, sampai saat ini belum ada solusi untuk mengatasinya.

“Saya setuju bila pemerintah mengeluarkan peraturan untuk menangani khusus masalah tersebut. Diharapkan, peraturan itu dapat membuat pelaku berfikir dua kali saat ingin melakukan aksi,” katanya. (Heri/Koran-HR)

- Advertisment -