Selasa, Juni 28, 2022
BerandaBerita CiamisPolisi dan BKSDA Sita Burung Elang Ilegal dari Warga Ciamis

Polisi dan BKSDA Sita Burung Elang Ilegal dari Warga Ciamis

Ilustrasi burung elang. Foto: Ist/Net

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Maraknya perburuan burung elang di sejumlah hutan yang berada di wilayah Kabupaten Ciamis, membuat Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Wilayah III Jawa Barat bersama Polres Ciamis, melakukan operasi penyelamatan hewan yang dilindungi Negara tersebut. Alhasil, dalam sepekan ini, polisi berhasil menyita sejumlah burung elang di beberapa daerah di Kabupaten Ciamis.

“Terakhir, kami bersama Polres Ciamis berhasil menyita 3 ekor burung elang dari Kecamatan Cisaga. Tidak sampai disitu, upaya penyisiran dalam rangka operasi penyelamatan burung elang terus kami gencarkan,” kata Kepala Polisi Hutan BKSDA Wilayah III Jawa Barat, Warid, kepada HR Online, di Ciamis, Sabtu (09/01/2016).

Pihaknya, lanjut Warid, bersama kepolisian, masyarakat pencinta satwa dan aparat desa terus bekerjasama melakukan penyisiran dan mengumpulkan informasi terkait keberadaan burung elang yang dipelihara secara illegal oleh warga.

“Seperti penyitaan di Kecamatan Cisaga, sebelum kami mendapat informasi dari warga bahwa ada seseorang yang memelihara burung elang. Berawal dari laporan itu, kami bersama kepolisian langsung mendatangi target dan kemudian melakukan penyitaan,” terangnya.

Warid pun meminta masyarakat Ciamis ikut membantu melestarikan burung elang yang kini populasinya hampir punah menyusul maraknya perburuan illegal. “Kalau ada burung elang terbang berkeliaran di perkampungan warga, tolong jangan diburu. Biarkan hewan itu hidup di alam bebas. Dan apabila ada seseorang yang memelihara burung elang, kami meminta segera laporkan ke kantor polisi terdekat,” pintanya. (Her/R2/HR-Online)

- Advertisment -