Jumat, Juli 1, 2022
BerandaBerita CiamisSMK Taruna Bangsa Ciamis Siap Gelar UN Berbasis Komputer

SMK Taruna Bangsa Ciamis Siap Gelar UN Berbasis Komputer

Ilustrasi. Foto: Ist/Net

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Kepala SMK Taruna Bangsa Ciamis, Agus Gusanto, S.Pd., mengaku sudah siap menggelar UN dengan sistem CBT. Hal itu ditunjang dari ketersediaan sarana dan prasarana perangkat komputer yang sudah terhubung dengan internet.

“Pada prinsipnya, dari sisi sarana dan prasarana termasuk operator, kami sudah siap. Saat ini kami hanya sedang menunggu akses untuk masuk ke aplikasi lunak milik Puspendik Balitbang Kemendikbud Pusat. Hal itu guna mendaftarkan SMK Taruna Bangsa ke server Puspendik,” katanya, kepada Koran HR, Selasa (19/01/2016). [Berita Terkait: Tujuh SMA/SMK di Ciamis Gelar UN Berbasis Komputer]

Agus menuturkan, penyelenggaraan UN CBT mengajarkan peserta didik untuk mandiri dan memahami informasi teknologi (IT). Pelaksanaan ujian dengan sistem ini tidak membuat repot peserta. Soalnya, peserta UN tidak harus membolak-balik kertas. Peserta didirik hanya cukup mengklik soal dan jawaban.

“Ini juga akan lebih transparan, sebab skor penilaian langsung bisa diketahui. Proses penilaiannya pun akan lebih mudah. Selain itu, proses penilaian bisa langsung terekam server lokal dan diakses oleh pusat. Pelaksanaannya pun tidak perlu pengawalan dari kepolisian seperti pada pengiriman dan distribusi soal. Dengan ini juga tekanan psikologis peserta UN berkurang. Kalau dulu suasananya jadi tegang karena banyak polisi berjaga, sekarang tidak lagi,” ungkapnya.

Agus berharap, 272 peserta didik SMK Taruna Bangsa yang akan ikut Ujian Nasional, dari 3 kompetensi jurusan yaitu Teknik Kendaraan Ringan (TKR), Teknik Komputer Jaringan (TKJ) dan Keperawatan pada tahun ini bisa melaksanakan UN berbasis CBT. (Heri/Koran-HR)

- Advertisment -