Senin, Juni 27, 2022
BerandaBerita CiamisTAGANA Ciamis Minim Personil & Alat

TAGANA Ciamis Minim Personil & Alat

Ilustrasi. Foto: Ist/Net

TAGANA Ciamis Minim Personil & Alat

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Jumlah anggota Taruna Siaga Bencana (TAGANA) Kabupaten Ciamis dinilai kurang ideal bila dibandingkan dengan luas wilayah yang harus mereka pantau. Apalagi, saat musim hujan seperti sekarang ini, mereka harus siaga menghadapi kemungkinan bencana yang terjadi di sejumlah wilayah.

Ketua Koordinator TAGANA Ciamis, Ade Waluya, ketika ditemui Koran HR, pekan lalu, mengatakan, pihaknya terus melakukan kordinasi dengan elemen lain terkait penanggulangan bencana di Kabupaten Ciamis.

“Saat ini jumlah anggota Tagana hanya 30 orang. Bila dibandingkan dengan luas wilayah, tentu jumlahnya kurang ideal. Meski begitu, kami tetap memperbanyak pelatihan dan simulasi fisik yang salah satunya digalakkan melalui program dari Pemerintah Propinsi Jawa Barat tentang pemantapan evakuasi,” katanya.

Ade menuturkan, masih ada beberapa kecamatan yang belum memiliki Anggota TAGANA. Diantaranya, di wilayah Kecamatan Pamarican, Banjarsari, Purwadadi, Lakbok, Cimaragas, Lumbung dan Rancah.

Selain jumlah personil, kata Ade, TAGANA Ciamis juga masih minim fasilitas peralatan. Diantaranya seperti alat evakuasi dan mesin senso. Namun demikian, hal itu tidak menyurutkan semangat anggota TAGANA untuk menjalankan tugas dan kewajibannya.

“TAGANA Ciamis sudah berdiri sejak tahun 2005. Secara organisasi, TAGANA berada di bawah kordinasi Dinas Sosial dan Kementrian Sosial. Kedepan kami berharap, fasilitas alat dan sarana TAGANA lebih dilengkapi. Termasuk juga soal kesejahteraan anggota,” ucapnya. (DSW/Koran-HR)

- Advertisment -