Minggu, Juni 26, 2022
BerandaBerita PangandaranTahun Ini, 28.114 KK di Pangandaran Dapat Raskin Gratis

Tahun Ini, 28.114 KK di Pangandaran Dapat Raskin Gratis

Ilustrasi. Foto: Ist/Net

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Sebanyak 28.114 Kepala Keluarga (KK) atau Rumah Tangga Sasaran Penerima Manfaat (RTSPM) di Kabupaten Pangandaran dipastikan akan mendapat program beras miskin (Raskin) gratis dari pemerintah daerah setempat. Dari jumlah tersebut, dalam setiap bulannya akan disalurkan beras sebanyak 421.710 ton.

Kabag Perekonomian Setda Kabupaten Pangandaran, Darmawan, SH, mengungkapkan, program beras raskin gratis ini merupakan bentuk perhatian Pemkab Pangandaran terhadap warga miskin di wilayahnya. Beras raskin subdisi pemerintah pusat yang dibandrol sebesar Rp. 1600 perkilogram, lanjut dia, disubsidi kembali oleh Pemkab Pangandaran. [Berita Terkait: Program Raskin Gratis di Pangandaran Bikin Pusing Kepala Desa]

“Kami memberi subsidi penuh atau seharga beras raskin. Selain itu, kami pun membiayai ongkos pengiriman raskin hingga sampai ke tangan penerima. Dengan begitu, masyarakat miskin di Pangandaran akan mendapat raskin secara gratis, karena seluruh biaya sudah dibayar oleh dana dari APBD,” ujarnya, kepada HR Online, akhir pekan lalu.

Darmawan menambahkan, anggaran subdisi beras raskin dikelola oleh bidang Sosial Dinas Catatan Sipil, Kependudukan, Sosal dan Transmigrasi Kabupaten Pangandaran. Sementara anggaran operasional penyaluran raskin sebesar Rp. 200 perkilogram dikelola oleh bidang pemerintahan desa. “Raskin gratis di Pangandaran sudah bisa didistribusikan mulai Januari 2016 ini, “imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Subdire Bulog Ciamis, Cecep Panji Nandia, mengatakan, pendistribusian beras raskin sudah berjalan dari mulai minggu ketiga Januari. Ditargetkan, tambah dia, 4 sampai 5 hari pendistribusian ke seluruh desa sudah selesai. “Mudah-mudahan tidak ada kendala,” pungkasnya. (Mad/R2/HR-Online)

- Advertisment -