Minggu, Juni 26, 2022
BerandaBerita BanjarAkhirnya, Korban Puting Beliung di Waringinsari Banjar Dapat Bantuan

Akhirnya, Korban Puting Beliung di Waringinsari Banjar Dapat Bantuan

Penyerahan secara simbolis bantuan dari BJB Cabang Banjar melalui dana CSR Seri A untuk korban puting beliung di Desa Waringinsari, dari Kepala BJB Cabang Kota Banjar, Aceu Roslinawati kepada Walikota Banjar, Hj. Ade Uu Sukaesih, di Aula Desa Waringinsari, Kamis (21/04/2016). Photo : Nanang Supendi/HR.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Sebanyak 37 warga korban puting beliung di Desa Waringinsari Kec. Langensari, Kota Banjar yang terjadi Desember 2015 lalu, mendapatkan bantuan dari BJB Cabang Banjar melalui dana CSR Seri A.

Penyerahan bantuan secara simbolis di Aula Desa Waringinsari, Kamis (21/04/2016), diserahkan langsung oleh Kepala BJB Cabang Kota Banjar, Aceu Roslinawati kepada Walikota Banjar, Hj. Ade Uu Sukaesih. Kemudian diserahkan kepada Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjar, Rusmawan, SH, untuk selanjutnya diserahkan kepada korban puting beliung, dengan total bantuan sebesar Rp.56.931.000.

“Meski terbilang terlambat, syukur alhamdulilah Pemkot Banjar dapat memberikan bantuan terhadap warga korban bencana ini,” kata Hj. Ade Uu.

Dia beralasan baru diberikannya bantuan ini, karena tidak serta merta Pemkot Banjar melalui APBD menganggarkannya. Terlebih waktu itu terjadi diakhir tahun dan anggaran murni 2016 pun sudah diketuk.

“Kami Pemkot mensiasatinya agar korban tersebut tetap diberikan bantuan yaitu melalui dana CRS BJB tahun 2015, yang kebetulan masih ada yang belum dikeluarkan dari total 303 juta,” ungkapnya.

Kepala BPBD Kota Banjar, Rusmawan,SH, mengatakan, korban yang mendapatkan bantuan berupa uang, nominalnya tidak semua sama, tergantung kondisi besar kecilnya kerusakan yang dialami dari ke 37 warga tersebut.

“Kita beri bantuan untuk rehabilitasi atau perbaikan disesuaikan kategori rumah rusak berat, sedang dan ringan. Kisarannya sekitar antara Rp.200 ribu sampai Rp.2 juta,” tandasnya.

Sementara, Kepala BJB Cabang Banjar, Aceu Roslinawati, mengatakan, bahwa CSR Seri A BJB merupakan bentuk penyertaan modal untuk pemerintahan daerah. Sementara CSR Seri B diserahkan kepada pemerintah pusat.

“Untuk CSR Seri A tahun 2015 diberikan kepada Pemkot Banjar senilai Rp.303 Juta. Mudahan untuk CSR 2016 bisa dapat dikeluarkan kami pada bulan Mei mendatang dan semoga juga nilainya ada penambahan,” tuturnya.

Menurutnya, BJB hadir dan mampu memberikan CSR itu tiada lain tak luput dari warga atas dukungannya. (Nanks/R5/HR-Online)

- Advertisment -