Banyak Potensi Wisata di Ciamis Utara tak Tersentuh

Objek Wisata Situwangi, di Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis. Foto: Dokumentasi

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Tokoh masyarakat Ciamis Utara, Dadang Kusmayadi, menuturkan, banyak potensi wisata di wilayah Ciamis Utara yang belum tersentuh oleh program pemerintah daerah. Bahkan menurut dia, selama ini potensi tersebut terkesan dibiarkan. 

Dadang berpendapat, potensi wisata yang terdapat di wilayah Ciamis utara dapat dijadikan sumber baru pendapatan asli daerah (PAD). Tapi hal itu harus dimulai dengan tindakan nyata pemerintah daerah, salah satunya melakukan penataan kawasan wisata.

“Memang pangandaran sekarang sudah lepas dari Ciamis, akan tetapi masih banyak potensi tempat wisata lain yang masih dikembangkan, salah satunya adalah Situ Wangi yang berada di Desa Winduraja, Kecamatan Kawali,” katanya, kepada Koran HR, pekan lalu.

Dadang berharap penataan kawasan Situ Wangi menjadi agenda serius dan prioritas pemerintah daerah kedepan. Dia juga beralasan, Situ Wangi sering dikunjungi oleh wisatawan lokal, khususnya setiap hari libur.

“Tidak dilakukan penataan saja Situ Wangi sering dikunjungi, apalgai kalau sudah dilakukan penataan oleh pihak Pemerintah Daerah Kabupaten Ciamis. Saya yakin kedepan akan banyak sekali wisatawan, tidak hanya dari Ciamis saja, melainkan juga luar Ciamis,” katanya.

Sekertaris Daerah (Sekda) Ciamis, Herdiat, ketika ditemui Koran HR, mengatakan, dengan lepasnya Pangandaran dari Kabupaten Ciamis sangat berpengaruh terhadap sektor pendapatan asli daerah (PAD).

“Makanya Pemerintah Daerah Kabupaten Ciamis berusaha menggali terus potensi tempat wisata yang ada untuk meningkatkan PAD. Situ Wangi adalah milik kita semua masyarakat, kalau bisa dicintai dan diurus, baik oleh pemerintah dan juga masyarakat, maka hasilnya akan baik. Namun  jika tidak dirawat dengan baik maka omong besar kita akan lebih baik dan maju,” katanya. (Es/Koran-HR)