Sabtu, Juni 25, 2022
BerandaBerita BanjarBanyak Ular Masuk Rumah, Warga Parungsari Banjar Bersihkan Tanggul

Banyak Ular Masuk Rumah, Warga Parungsari Banjar Bersihkan Tanggul

Warga di Lingkungan Parungsari, RW. 06, Kelurahan Karangpanimbal, Kecamatan Purwaharja, Kota Banjar, tengah melakukan bersih-bersih tanggul Citanduy yang rimbun oleh ilalang. Photo: Hermanto/HR.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Untuk mencegah banyaknya ular masuk ke rumah, warga di Lingkungan Parungsari, RW. 06, Kelurahan Karangpanimbal, Kecamatan Purwaharja, Kota Banjar, melakukan bersih-bersih tanggul Sungai Citanduy yang rimbun oleh ilalang, Jum’at pagi tadi (22/04/2016), sekitar jam 07.00 WIB.

Pasalnya, akhir-akhir ini memang banyak ular yang datang dari tanggul kerap masuk ke dalam rumah warga, sehingga warga khawatir akan hal tersebut. “Ular-ular kerap memasuki rumah warga, apalagi kalau cuaca dalam keadaan gerimis,” ujar Karsan (56), warga setempat, kepada HR Online.

Hal serupa juga dikatakan Riswan (50), warga lainnya. Menurut dia, kebanyakan ular yang masuk ke rumah warga adalah ular jenis “srangenge” atau yang berkepala merah. Namun, adapula jenis ular berwarna putih/kuning, bahkan ular cobra.
“Jenis apapun yang namanya ular ya tetap berbahaya. Untuk itu warga di sini melakukan bersih-bersih tanggul, karena ular kebanyakan datang dari tanggul,” tutur Riswan.

Sementara itu, Ketua RT setempat, Entin Sujadi (46), mengatakan, selain untuk mencegah datangnya ular ke rumah warga, bersih-bersih tanggul ini pun merupakan agenda rutin setiap dua minggu sekali.

“Kegiatan bersih-bersih ini supaya tanggul terlihat enak dipandang dan bersih dari rerumputan,” ucap Entin. (Hermanto/R3/HR-Online)

- Advertisment -