Minggu, Juli 3, 2022
BerandaBerita CiamisBupati Berharap SMA/SMK di Ciamis yang Gelar UNBK Terus Bertambah

Bupati Berharap SMA/SMK di Ciamis yang Gelar UNBK Terus Bertambah

Bupati Ciamis, Iing Syam Arifin, saat meninjau pelaksanaan Ujian Nasional di SMA Negeri 3 Ciamis, Senin (04/04/2016). Foto: Eli Suherli/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Bupati Ciamis, Iing Syam Arifin, mengapresiasi bertambahnya jumlah SMA/SMK di Kabupaten Ciamis yang mengelar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Dia pun berharap sekolah di Ciamis yang menggelar UNBK pada setiap tahunnya terus bertambah.

“Tahun kemarin ada 4 SMA/SMK di Ciamis yang menggelar UNBK. Tahun sekarang jumlahnya bertambah lagi jadi 7 SMA/SMK. Tahun depan kami berharap ada lagi SMA/SMK yang menggelar UNBK,” katanya, saat meninjau pelaksanaan Ujian Nasional di kampus SMK Negeri 2 Ciamis, Senin (04/04/2016). [Berita Terkait: Kadisdik: Hari Pertama UN SMA/SMK di Ciamis Tidak Ada Kendala]

Iing menambahkan, untuk menggelar UNBK, sekolah membutuhkan sarana dan prasarana yang memadai, terutama perangkat komputer. Dia pun mengaku bangga 7 SMA/SMK di Ciamis bisa menggelar UNBK dengan biaya swadaya.

“Program UNBK ini masih tahap ujicoba. Makanya tidak semua sekolah menggelar ujian dengan sistem seperti ini. Tapi, beberapa tahun kedepan, pasti seluruh SMA/SMK akan diwajibkan,” ujarnya.

Iing mengungkapkan, tidak semua sekolah mampu menyediakan sarana dan prasarana untuk menggelar UNBK. Karena untuk menyediakan peralatan komputer saja membutuhkan anggaran yang tidak sedikit. “Kalau sistem ujian seperti ini sudah diwajibkan, tentu harus ada bantuan dari pemerintah. Mudah-mudahan saja pemerintah pusat kedepan bisa membantu anggaran untuk menyediakan sarana dan prasarannya,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala SMA Negeri 3 Ciamis, Dede Hidayat, mengatakan, untuk ujian nasional tahun ini, pihaknya belum mampu menggelar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Hal itu dikarenakan sarana dan prasarana di sekolahnya untuk saat ini belum memadai. “Rencananya tahun depan kami akan memulai menggelar UN berbasis komputer. Saat ini masih dalam persiapan dan melengkapi sarana dan prasarannya,” katanya. (es/R2/HR-Online) 

- Advertisment -