Calon Kades di Ciamis Meninggal, Tim Suksesnya Belum Alihkan Dukungan

Foto: Ilustrasi net/Ist

Ilustrasi. Foto: Ist/Net

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Pasca Asep Saepulloh, Calon Kepala Desa Cieurih, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, meninggal dunia akibat serangan jantung saat mengikuti debat kandidat pada tahapan pelaksanaan Pilkades di desa setempat, Rabu (13/04/2015), tampaknya membuat para tim sukses dan pendukungnya bingung. Mereka belum menentukan sikap untuk mengalihkan dukungan ke calon kepala desa lain, meski pelaksanaan Pilkades tinggal beberapa hari lagi.

Ketua Tim Sukses Asep Saepulloh, Mamat, mengatakan, pihaknya bersama para pendukung Asep belum membahas terkait pengalihan dukungan ke calon kepala desa lain. Pasalnya, para pendukung Asep masih bingung mencari sosok pengganti calon kepala desa yang akan didukungnya. [Berita Terkait: Saat Debat Kandidat, Calon Kades di Ciamis Meninggal Mendadak]

“Tadi kami sudah ngobrol-ngobrol dengan beberapa timses dan pendukung. Dari beberapa obrolan yang kami tangkap mereka tampak masih labil dalam menentukan calon pengganti yang akan didukung,” katanya, kepada HR Online, Kamis (14/04/2016).

Namun begitu, lanjut Mamat, pihaknya sebagai tim sukses sudah mempersilahkan kepada pendukungnya untuk mengalihkah dukungan ke calon lain berdasarkan pilihan hati nurani masing-masing.

“Meski Pak Asep sudah meninggal, tetapi nama dan fotonya tetap tercantum pada surat suara. Kami sebagai tim sukses akan mencoba memberi pemahaman kepada pendukung agar tidak mencoblos gambar Pak Asep. Kami pun akan mengarahkan mereka agar memilih secara benar dan berdasarkan logika,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Pilkades Desa Cieurih, Iyus, mengatakan, Perda no 7 tahun 2015 dan Perda no 31 ayat 7, 8 dan 9 sudah mengatur dan menyatakan meski salah satu calon meninggal dunia, namun tetap akan dinyatakan sebagai calon. Karena, calon tersebut meninggal dunia setelah masuk ke tahapan penetapan daftar calon kepala desa.

“Tapi, kalau nanti Almarhum mendapat perolehan suara terbanyak, maka perolehan suaranya dianggap batal. Dan pemenangnya dialihkan ke calon kepala desa yang mendapat perolehan suara terbanyak kedua,” katanya. Sementara itu, pelaksanaan Pilkades Seretek di Kabupaten Ciamis akan digelar pada Minggu (17/04/2016). (Dji/R2/HR-Online)

Loading...