Sabtu, Juli 2, 2022
BerandaBerita CiamisCCTV Rekam Aksi Dramatis Perampokan di Alfamart Sadananya Ciamis

CCTV Rekam Aksi Dramatis Perampokan di Alfamart Sadananya Ciamis

Ilustrasi Kamera CCTV. Foto: Ist/Net

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Aksi perampokan yang terjadi di minimarket Alfamart yang berlokasi di Jalan Raya Sadananya atau tepatnya di Desa Sukajadi, Kecamatan Sadananya, Kabupaten Ciamis, Selasa (19/04/2016) malam, berlangsung dramatis. Pasalnya, pelaku sempat menggiring dua pelayan Alfamart, Peri Perdiana (20) dan Andri (25), sembari menodongkan pistol dan meminta menunjukan brangkas uang yang berada di gudang belakang.  

Namun, dua pelayan Alfamart itu melakukan langkah berani. Ketika pelaku meminta memasukan uang yang berada di brangkas gudang ke dalam tasnya, dua pelayan itu mengaku lupa membawa kunci brangkas. Kata pelayan, kunci brangkas berada di meja kasir. Pelaku pun lantas keluar dari gudang dan menuju meja kasir untuk membawa kunci. [Berita Terkait: Polisi Turunkan Timsus, Buru Perampok di Alfamart Sadananya Ciamis]

Di saat itulah, dua pelayan melakukan aksi beraninya. Mereka langsung menutup pintu gudang dari dalam untuk menghindar dari pelaku. Namun, tak dapat uang dari brangkas, pelaku langsung menggasak uang tunai sebesar Rp. 2,9 juta yang berada di laci meja kasir. Setelah itu, pelaku kabur bersama temannya dengan menggunakan sepeda motor metic warna putih. Aksi dramatis itu terekam CCTV yang dipasang di minimarket tersebut.

“Awalnya pelaku pura-pura membeli rokok dan kopi. Tapi, saat hendak membayar, pelaku langsung mengeluarkan pistol dan memberikan ancaman. Pelaku pun sempat menembakan pistol dan mengenai lemari kaca yang berada di kasir,“ kata Kasat Reskrim Polres Ciamis, AKP Roland Olaf Ferdinan, Rabu (20/04/2016)..

Dalam aksinya, kata Roland, dua pelaku perampokan itu membagi tugas. Satu pelaku melakukan aksi perampokan dan satu pelaku lagi mengawasi situasi di luar.

“Pelaku menembakan pistolnya sebanyak 2 kali. Setelah menembak di kasir, kemudian pelaku menembakan kembali pistolnya ke atap saat menggertak kedua pelayan agar membuka brangkas uang saat berada di dalam gudang belakang,” terangnya.

Menurut Roland, senjata yang digunakan pelaku jenis pistol air sofgun. Hal itu terlihat dari bekas tembakan yang ditemukan di atap minimarket. “Karena atapnya hanya mengalami retak. Kalau menembak atap dengan senjata api pasti sudah bolong,” ungkapnya.

Dia pun mengatakan pihaknya sudah mengantongi rekaman CCTV saat terjadi aksi perampokan tersebut. Dalam rekaman itu, terlihat pelaku datang dari arah Sadananya dan kabur menuju Maleber Ciamis. “Rekamannya sekitar 30 menit,” pungkasnya. (Heri/R2/HR-Online)

- Advertisment -