Minggu, Juni 26, 2022
BerandaBerita CiamisDi Ciamis, Calon Kades yang Sudah Meninggal Dapat Ratusan Suara

Di Ciamis, Calon Kades yang Sudah Meninggal Dapat Ratusan Suara

Rekapitulasi perolehan suara Pilkades Desa Cieurih, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis yang direkap BPMPD Kabupaten Ciamis. Foto: Eli Suherli/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak yang berlangsung di 76 desa dengan jumlah calon kepala desa sebanyak 259 di Kabupaten Ciamis, Minggu (17/04/2016), terdapat cerita menarik. Cerita itu terkait calon kepada desa yang sudah meninggal, namun masih tetap mendapatkan dukungan dari masyarakat. Hal itu terjadi di Desa Cieurih Kecamatan Cipaku. Bahkan suara yang diperolehnya cukup banyak.

Dari tiga nama calon desa Cieurih itu yakni. Nanang Kusdiana memperoleh suara 1.448, Asep Saefuloh (almarhum) memperoleh 167 suara dan Apandi memperoleh 512 suara.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Ciamis, Lili Romli, menyebut bahwa realita politik tersebut adalah demokrasi, dimana masyarakat bisa menentukan pilihan sendiri tanpa ada paksaan.

Terkait calon yang sudah meninggal namun masih dipilih masyarakat, lanjut Lili, itu tidak menjadi masalah dan sudah ada dalam aturannya.

“Apabila calon yang sudah meninggal masih mendapatkan suara dan memenangkan Pilkades, maka suaranya jatuh pada pemenang kedua. Untungnya itu tidak terjadi, sehingga tidak menjadi masalah. karena sudah ada pemenangnya, yaitu Nanang Kusdiana dengan nomor urut 1,”pungkasnya. (es/R2/HR-Online)   

 

- Advertisment -