Minggu, Juni 26, 2022
BerandaBerita CiamisBerita BanjarsariMubadzir! Proyek SAB Bernilai Ratusan Juta di Ciamis Terbengkalai

Mubadzir! Proyek SAB Bernilai Ratusan Juta di Ciamis Terbengkalai

Proyek sumur bor untuk sarana air bersih yang berada di Dusun Sidamulya, Desa Cigayam, Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis. Foto: Suherman/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Proyek sumur bor untuk sarana air bersih yang berada di Dusun Sidamulya, Desa Cigayam, Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis, Provinsi Jawa Barat, yang bersumber dari APBD Kabupaten Ciamis tahun anggaran 2015, melalui Dinas Ciptakarya, dengan nilai kontrak sebesar  320 juta rupiah dinilai mubadzir.

Pasalnya, proyek dengan anggaran ratusan juta itu hingga saat ini masih belum bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat sekitar. Bahkan, hingga saat berita ini diterbitkan, air dari sumur bor tersebut tidak berfungsi alias tidak mengeluarkan air.

Anggota Karang Taruna Desa Cigayam, Isyan Permana, ketika ditemui Koran HR, pekan lalu, mengungkapkan, proyek pembangunan sumur bor untuk sarana air bersih di Desa Cigayam tidak menguntungkan bagi masyarakat.

“Melihat dari segi manfaatnya ini jelas sangat tidak mendukung terhadap tujuan dari adanya proyek sumur bor. Bahkan masyarakat sekitar hingga saat ini belum bisa menikmati manfaat dari adanya proyek sarana air bersih tersebut,” katanya.

Tokoh Pemuda Desa Cigayam, Oky Herna Suganda, ketika ditemui Koran HR, pekan lalu, mengungkapkan, proyek pembuatan sumur bor tersebut terkesan hanyalah untuk menghamburkan anggaran pemerintah saja. Menurutnya, proyek yang bernilai ratusan juta itu justru sama sekali tidak bermanfaat bagi masyarakat Cigayam dan sekitarnya.

“Kami hanya ingin mempertanyakan kepada bagian perencanaan dari Dinas Cipta Karya Kabupaten Ciamis, bagaimana bisa proyek yang anggarannya cukup besar ini sampai tidak ada manfaatnya bagi masyarakat Cigayam. Seharusnya, bagian perencanaan itu bisa menunjuk titik lokasi yang sekiranya bisa menghasilkan air bersih berlimpah. Sedangkan ini malah tidak ada sama sekali sisi manfaatnya,” kata Oky.

Oky menilai proyek sumur bor tersebut merupakan proyek gagal. Diapun berharap adanya upaya perbaikan untuk sarana air bersih tersebut agar proyek yang nilainya ratusan juta tersebut tidak sia-sia.

“Mengapa saya bicara seperti ini, karena hasil dari pantauan selama ini, sudah ada dua titik pengeboran yang dilakukan dengan nilai anggaran yang berbeda, namun hasilnya tetap sama, nihil. Bahkan untuk saat ini, saluran air dari sumber pengeboran ini sama sekali tidak keluar, bahkan pulsa listrik nya saja sampai dibiarkan habis,” katanya.

Dihubungi terpisah, Kepala Desa Cigayam, Dodi Haryana, membenarkan jika proyek sarana air bersih yang berada di Dusun Sidamulya Cigayam hingga saat ini masih belum bisa dirasakan manfaatnya oleh warga. Pihaknya berharap Dinas Ciptakarya Kabupaten Ciamis untuk memperbaiki proyek tersebut.

“Kami telah melakukan permohonan ke Dinas Ciptakarya terkait hal ini. Kami berharap ada upaya memperdalam kembali pengeboran di proyek tersebut. karena selama adanya proyek tersebut, masyarakat disini belum bisa merasakan manfaatnya,air nya hanya baru bisa mencukupi untuk wilayah terdekat saja, dan itu pun masih minim,” katanya.

Sementara itu, para pihak yang berkaitan dengan pelaksanaan dan pengerjaan proyek sumur bor atau sarana air bersih di Desa Cigayam, baik itu dari Dinas Cipta Karya ataupun pihak rekanan, belum berhasil dimintai keterangan secara resmi. (Suherman/Koran-HR)

- Advertisment -