Rabu, Juni 29, 2022
BerandaBerita CiamisPGRI Ciamis Ikut Kawal Kenaikan Pangkat Guru

PGRI Ciamis Ikut Kawal Kenaikan Pangkat Guru

Ilustrasi. Foto: Ist/Net

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Konferensi Kerja Kabupaten (Konkerkab) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Ciamis tahun 2016 yang digelar di Wisma PGRI Ciamis, Kamis-Jumat (30-31/03/2016) lalu, menghasilkan sejumlah keputusan organisasi, salah satunya PGRI Ciamis komitmen memperjuangkan nasib guru.

Ketua PGRI Kabupaten Ciamis, Dr. H. Endang Rahmat, M.Pd, mengatakan, hasil kesepakatan dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Ciamis bahwa PGRI diberi peran dalam mengawal kenaikan jenjang pangkat Guru PNS (Pegawai Negeri Sipil). Dalam hal ini, kata dia, PGRI yang berposisi sebagai mitra pemerintah, diberi kesempatan untuk memberikan masukan apabila ada guru yang dirugikan dalam hal kenaikan pangkat.

“Kami melakukan kesepakatan ini dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan karena sebelumnya banyak mendapat aspirasi dari guru di Kabupaten Ciamis. Karenanya, agar guru di Ciamis tidak ada yang dirugikan dalam kenaikan pangkat, kami ikut mengawal,” katanya, kepada Koran HR, usai acara Konkerkab PGRI Ciamis, Jum’at (31/03/2016) lalu.

Namun demikian, lanjut Endang, pihaknya tidak hanya membantu insan guru dalam menuntut haknya, tetapi juga ikut membina guru agar menjalankan kewajibannya dengan baik. “Pembinaan kepada guru terus kami lakukan, salah satunya dengan memberikan penekanan dalam peningkatan kinerja yang tujuannya untuk meningkatkan mutu dan layanan pendidikan,” ujarnya.

Sebagaimana tema yang diusung dalam Konkerkab PGRI Ciamis tahun 2016, dengan tema “Menciptakan Integritas Kinerja dalam Meningkatkan Mutu dan Layanan Pendidikan Melalui Peran Strategis PGRI”, terang Endang, pihaknya ingin mengajak seluruh insan guru untuk bersama-sama meningkatkan kompetensi dan profesionlisme. Hal itu dimaksudkan dalam rangka meningkatkan mutu dan layanan pendidikan di Kabupaten Ciamis.

Selain itu, Endang juga mengatakan pihaknya mengajak kepada seluruh anggota PGRI Kabupaten Ciamis untuk terus memperkuat rasa kekeluargaan, menjalin kekompakan dan keharmonisan. Hal itu dilakukan untuk menciptakan sinergitas agar seluruh amanah organisasi bisa berjalan dengan baik.

“Kami juga menyadari, langkah dan kinerja pengurus PGRI Kabupaten Ciamis belum optimal dalam menjalankan roda organisasi dan masih banyak program-program yang diamanatkan anggota belum secara tuntas direalisasikan. Hal yang dilakukan baru dalam konteks pengkoordinasian dan pengklasifikasian fokus serta lokus program garapan yang skala prioritas dan tata kelola manajemen pengurus dalam menjalankan organisasi,” terangnya.

Namun demikian, lanjut Endang, seluruh program dan garapan yang diamanatkan anggota diharapkan bisa tuntas  pada akhir periode kepengurusan PGRI Ciamis saat ini. “Kami juga meminta dukungan dan dorongan dari seluruh insan guru agar seluruh program yang diamanatkan bisa terealisasi dengan baik,” pungkasnya. (Bgj/Koran-HR)

- Advertisment -