Sabtu, Juni 25, 2022
BerandaBerita CiamisBerita BanjarsariRatusan Siswa MI di Ciamis Ikuti Kejuaraan KSMI

Ratusan Siswa MI di Ciamis Ikuti Kejuaraan KSMI

Upacara pembukaan kejuaraan Kompetisi Sains Madrasah Ibtidaiyah (KSMI) tingkat Kelompok Kerja Madrasah (KKM) Lakbok di MI Nurul Jannah Kalapasawit Kecamatan Lakbok, Kamis (07/04/2016). Photo : Muhafid/HR.

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Ratusan siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) yang berasal dari wilayah Kecamatan Lakbok serta Purwodadi Kabupaten Ciamis, mengikuti kejuaraan Kompetisi Sains Madrasah Ibtidaiyah (KSMI) tingkat Kelompok Kerja Madrasah (KKM) Lakbok di MI Nurul Jannah Kalapasawit Kecamatan Lakbok, Kamis (07/04/2016).

Acara rutin dilaksanakan setiap tahunan ini, para siswa berlomba memperebutkan juara Membaca, Menulis dan Berhitung (Calistung) kelas 1, 2 dan 3. Selain itu, mereka juga beradu akademik dibidang Matematika (MTK), Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Pendidikan Agama Islam (PAI).

“Supaya tidak ada soal yang bocor, Kami selenggarakan secara serentak di seluruh Kabupaten Ciamis. Selain lomba secara tertulis, siswa juga harus mampu praktek bidang PAI dan IPA. Tujuannya supaya siswa lebih bermutu,” ungkap Yayat Hidayat, S.Pd.I kepada HR Online.

Informasi yang dihimpun HR Online, ada 17 MI yang mengikuti lomba, 6 dari Kecamatan Purwodadi dan 11 dari Kecamatan Lakbok. Setiap sekolah mendelegasikan 6 siswa yang dibagi 6 kategori. Sementara itu, para pemenang akan mendapatkan tropi, sertifikat dan uang pembinaan untuk pendampingan ke tingkat kabupaten.

Di tempat yang sama, Ketua KKM Lakbok, Holiludin, S.Pd.I berharap, kemampuan para siswa yang dididik melalui MI dapat dihandalkan dalam berbagai bidang. Kemampuan siswa yang mengikuti lomba ini pun mengalami peningkatan 5-10 persen tiga selama tahun terakhir.

“Kami sangat yakin dengan kompetisi ini, siswa yang ikut KSMIĀ dapat lolos hingga tingkat provinsi, dan menjadikan madrasah lebih baik,” pungkasnya. (Muhafid/R5/HR-Online)

- Advertisment -