Senin, Juni 27, 2022
BerandaBerita PangandaranTempat Relokasi PKL Pantai Pangandaran Akan Dibangun 2 Lantai

Tempat Relokasi PKL Pantai Pangandaran Akan Dibangun 2 Lantai

Pedagang Kaki Lima (PKL) yang berjualan di simpadan pantai Pangandaran. Foto: Dokumentasi

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Dinas Pariwisata, Perindagkop dan UMKM Kabupaten Pangandaran terus melakukan sosialisasi terkait rencana merelokasi Pedagang Kaki Lima (PKL) yang berjualan di simpadan pantai Pangandaran. Kegiatan sosialisasi tersebut digelar di kantor Tourist Information Center (TIC) Pangandaran, Sabtu (02/04/2016).

Sosialisasi ini bertujuan agar para PKL turut mendukung rencana relokasi tersebut. Sehingga, pada saat pelaksanaan relokasi nanti, tidak ada riak protes dari para PKL.

Kepala Dinas Pariwisata, Perindagkop dan UMKM Kabupaten Pangandaran, Mukhlis mengatakan, Pangandaran sebagai destinasi wisata andalan di Indonesia dituntut harus bisa menata dengan baik kawasan wisatanya, salah satunya dengan cara memberikan kenyamanan kepada wisatawan.

“Untuk menciptakan suasana nyaman bagi wisatawan, salah satunya di kawasan pantai harus bersih dari PKL. Tak hanya itu, dengan tidak adanya PKL di pinggir pantai, juga akan memberikan suasana berbeda bagi wisatawan. Yakni, wisatawan bisa dengan jelas melihat keindahan pantai Pangandaran,” ujarnya.

Muklis juga mengucapkan terima kasih kepada para PKL yang sudah kooperatif dan memberikan respons positif terhadap rencana relokasi tersebut. “Dengan terus dilakukannya sosialisasi kami berharap para PKL memahami rencana relokasi ini. Karena program ini sebagai bagian strategi dalam menata kawasan pantai. Apabila pantai sudah bersih dan berdampak terhadap meningkatnya angka kunjungan wisata, tentu akan berdampak terhadap keberlangsungan usaha para PKL,” jelasnya.

Pihaknya, kata Muklis, akan menyediakan tempat relokasi PKL di empat tempat. Bagi PKL yang berada di sekitar Boulevard, akan direlokasi ke taman rekreasi wisata Boulevard. Sedangkan bagi PKL di Pantai Timur, akan direlokasi ke tanah milik Dinsos Pantai timur Pangandaran. Disana rencananya akan dibangun dua lantai.

Sementara bagi PKL di Pantai Barat, akan direlokasi di tiga tempat, yakni di areal tanah PJKA (eks Hotel Pananjung Sari), eks Pasar Seni Lama dan eks Diskotik. “Kita akan membangun 100 unit kios sebagai langkah awal penataan dan relokasi PKL yang berjualan di Boulevard Pantai Barat. Kemudian dilanjutkan dengan membangun kios di tempat relokasi lainnya yang dilakukan secara bertahap,” katanya.

“Kita akan bangun dulu kios di tempat relokasi. Setelah itu, baru kita akan meminta PKL untuk pindah ke tempat relokasinya,” pungkasnya. (Mad/R2/HR-Online)

- Advertisment -