Kamis, Juni 30, 2022
BerandaBerita CiamisUlar Pemakan Hewan Ternak Ditangkap Warga Cipaku Ciamis

Ular Pemakan Hewan Ternak Ditangkap Warga Cipaku Ciamis

 

Ular sanca kembang sepanjang empat meter yang diduga kerap memakan unggas di Blok Pesing, Desa Ciakar, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, Provinsi Jawa Barat, Selasa (05/04/2016), berhasil ditangkap warga. Photo : Eji Darsono/ HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Ular sanca kembang sepanjang empat meter yang diduga kerap memakan unggas di Blok Pesing, Desa Ciakar, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, Provinsi Jawa Barat, Selasa (05/04/2016), berhasil ditangkap warga.

Darsim (37), warga Ciakar, ketika ditemui Koran HR, Selasa (05/04/2016), mengatakan, ular sanca kembang tersebut memiliki bobot sekitar 15 kilogram dan panjang empat meter. Darsim berhasil menangkap ular itu di kandang ayam petelur miliknya.

“Sebelumnya, ular sanca kembang itu saya lihat berkeliaran di pinggiran sungai,” katanya.

Senada dengan itu, Saripudin, mengatakan, meski sempat melawan dan kabur, ular sanca kembang itu berhasil ditangkap dengan tangan kosong oleh empat orang warga. Menurut dia, ular itu seringkali memakan hewan ternak milik warga. 

“Setelah berhasil ditangkap, banyak warga penasaran dan datang keseni untuk melihatnya,” kata Saripudin.

Doyok, warga lainnya, mengakui, selama ini banyak hewan ternak milik warga hilang. Dia pun menduga ular sanca kembang tersebutlah yang selama ini menjadi penyebab hilangnya hewan ternak milik warga.

“Ular itu kemungkinan kerap masuk ke kandang. Sebab, ayam ternak sering stress dan hilang. Awalnya, sebelum ular itu tertangkap, kami menduga selama ini ayam ternak hilang akibat dicuri orang,” timpal Dadan, peternak ayam.

Tapi, kata Dadan, setelah ular ditangkap dan melihat di dalam perut ular terdapat sekitar tiga ekor ayam, dia merasa yakin ular itulah yang selama ini menyebabkan ayam ternak miliknya raib. (Dji/R4/HR-Online)

- Advertisment -