Rabu, Juni 29, 2022
BerandaBerita BanjarDinkes Banjar: Remaja Rentan Terkena HIV/AIDS

Dinkes Banjar: Remaja Rentan Terkena HIV/AIDS

Ilustrasi. Foto: Ist/Net

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Kalangan remaja atau pelajar dianggap paling rentan terhadap masalah seksualitas dan berisiko terkena penyakit kelamin maupun HIV-AIDS. Karena, mereka sering penasaran dan ingin mencoba hal-hal baru, tetapi belum bisa menyaring mana yang baik dan mana yang tidak baik.

Hal tersebut dikatakan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjar, H. Oman Rohman, terkait para remaja atau pelajar sekarang yang bisa dengan mudah mengakses internet untuk membuka situs-situs porno.

Menurut Oman, terlepas dari permasalahan itu, namun saat ini bukan waktunya menanyakan siapa yang salah, tapi justru semua pihak harus mulai bahu-membahu dan memperhatikan perkembangan para remaja, khususnya pelajar, baik secara fisik ataupun psikologi.

“Untuk mengatasi semua masalah ini, diperlukan adanya pemahaman dan penerangan tentang seks yang benar dengan dilandasi oleh nilai-nilai agama, budaya dan etika yang ada di masyarakat,” katanya, kepada Koran HR, pekan lalu.

Oman juga menegaskan, bahwa penyuluhan tentang seks harus dilandaskan dengan ilmu pengetahuan, sehingga para remaja akan mendapat informasi yang benar dan tepat, serta terhindar dari perbuatan-perbuatan negatif.

“Pendidikan seks di kalangan remaja sangat diperlukan. Sebab, kalau remaja sudah memahami apa itu arti seks, maka mereka akan terhindar dari perbuatan negatif,” tandasnya. (Hermanto/Koran-HR)

- Advertisment -