Minggu, Juni 26, 2022
BerandaBerita PangandaranFKDM Babakan Pangandaran Diapresiasi Pemerintah

FKDM Babakan Pangandaran Diapresiasi Pemerintah

Kepala BPBD Pangandaran, Nana Ruhena, saat berbincang dengan anggota  Forum Komunikasi Kesiapsiagaan Dini Masyarakat (FKDM) Desa Babakan, Kecamatan Pangandaran. Foto: Entang SR/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Keberadaan Forum Komunikasi Kesiapsiagaan Dini Masyarakat (FKDM) Desa Babakan, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran ternyata mendapat apresiasi dan dukungan, baik dari legislatif ataupun eksekutif.

Hal itu disampaikan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pangandaran, Nana Ruhena, pekan lalu, usai kegiatan pembinaan FKDM, di Desa Babakan, Pangandaran.

Nana menjelaskan, saat ini baru satu FKDM yang memiliki fasilitas kantor. Apresiasi yang diberikan pemerintah daerah tentunya menjadi kebanggaan tersendiri bagi relawan bencana yang tergabung dalam FKDM tersebut.

Ketua FKDM Desa Babakan, Sadili, menuturkan, anggota FKDM yang mengikuti kegiatan pembinaan dari BPBD Pangandaran sebanyak 60 orang. Ke 60 orang tersebut merupakan perwakilan dari 11 desa se Kabupaten Pangandaran.

Menurut Sadili, pembinaan kali ini merupakan langkah awal FKDM dalam memberikan pemahaman mengenai penanganan bencana alam. Hal itu menginggat FKDM merupakan garis paling depan dalam menangani semua kejadian bencana.

“FKDM lah yang lebih dulu membantu warga yang terkena musibah sebelum BPBD dan yang lainnya datang ke lokasi bencana,” kata Sadili.

Kepala Desa Babakan, Undang, mengatakan, keberadaan FKDM di desa sangatlah penting. Soalnya, jumlah perangkat desa sangat terbatas.

“Jika ada bencana, FKDM yang berada di barisan paling depan membantu warga atau korban. Dan kami (Pemdes Babakan) mengajukan anggaran Rp 10 juta untuk FKDM melalui Musrenbang,” katanya. (Ntang/Koran-HR)

- Advertisment -