Minggu, Juli 3, 2022
BerandaBerita BanjarHari Ini Gubernur Jabar Resmikan BBGRM ke XIII di Tamkot Banjar

Hari Ini Gubernur Jabar Resmikan BBGRM ke XIII di Tamkot Banjar

Gubernur Jawa Barat, H. Ahmad Heryawan.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) dilaksanakan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang hirarkis sistematis sebagai berikut; Undang Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 42 Tahun 2005 tentang Pedoman Penyelenggaraan BBGRM, Peraturan Daerah Provinsi Jawa Barat Nomor 10 Tahun 2015 tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun 2016, Peraturan Gubernur Jawa Barat Nomor 115 Tahun 2016 tentang Penjabaran Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun 2016.

Latar belakang dilaksanakannya Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat dan Hari Kesatuan Gerak PKK ini tiada lain untuk memperkokoh integritas sosial bangsa di dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan merupakan bagian dari system nilai budaya bangsa yang perlu dilestarikan, sehingga memperoleh hasil guna yang optimal bagi pertumbuhan kesejahteraan kehidupan masyarakat. Tujuannya untuk meningkatkan peran aktif masyarakat melalui semangat kebersamaan membangkitkan semangat gotong royong.

Kegiatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat dan Hari Kesatuan Gerak PKK juga bertujuan untuk membangkitkan kembali semangat gotong royong dan keswadayaan masyarakat sebagai nilai-nilai sosial budaya yang sudah mulai luntur.

Sedangkan, peran PKK sendiri sebagai sebuah gerakan dari, oleh, dan untuk masyarakat. Hal ini menjadi pilar dalam peningkatan kesejahteraan keluarga melalui 10 Program Pokok PKK, peningkatan peran lembaga kemasyarakatan desa dan partisipasi masyarakat dalam pembangunan.

Adapun pencanangan Hari Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat ke XIII dan HKG-PKK ke-44 tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2016 ini dilaksanakan hari Rabu, tanggal 4 Mei 2016, bertempat di Taman Kota Lapang Bhakti Banjar, dengan mengambil tema “Melalui Gotong Royong Kita Sukseskan PON XIX 2016 dan PEPARNAS XV untuk Jawa Barat Lebih Maju.”

Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Gubernur Jawa Barat, H. Ahmad Heryawan, dan dihadiri oleh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Provinsi Jabar, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Provinsi Jabar, Walikota Banjar, DR. Hj. Ade Uu Sukaesih, SIP., M.Si., beserta FKPD Kota Banjar, dan perwakilan dari 27 Kabupaten/Kota se-Jawa Barat.

Gubernur Jawa Barat, H. Ahmad Heryawan, melakukan simbolis gotong royong berupa pengaspalan jalan di Gang. Bhakti, tepatnya depan Taman Kota Lapang Bhakti, Kelurahan Banjar, Kecamatan Banjar, Kota Banjar.

Kegiatan tersebut menjadi momen penting guna memaksimalkan dan mengevaluasi gotong royong, dan merupakan event untuk memperkenalkan potensi, strategi promosi bagi Kota Banjar agar lebih dikenal oleh kota/kabupaten lainnya, khususnya di wilayah Jawa Barat, dan umumnya di Indonesia. (Eva/Koran-HR)

- Advertisment -