Selasa, Juni 28, 2022
BerandaBerita CiamisBerita BanjarsariKebakaran, Rumah dan Motor Warga Ciamis Ini Ludes Dilalap Api

Kebakaran, Rumah dan Motor Warga Ciamis Ini Ludes Dilalap Api

Puing-puing rumah milik pasangan Hadi (60) dan Ratmi (50), warga Dusun Mulyasari RT 07/RW 02 Desa Cikupa, Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis, yang ludes dilalap si jago merah, Selasa (03/05/2016). Foto: Suherman/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Rumah milik pasangan Hadi (60) dan Ratmi (50), pengrajin gula kelapa yang juga warga Dusun Mulyasari RT 07/RW 02 Desa Cikupa, Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis, ludes dilalap si jago merah, Selasa (03/05/2016), sekitar pukul 12.00 WIB.

Dari informasi yang dihimpun HR Online, penyebab kebakaran diduga dari api yang bersumber dari tungku pembuatan gula milik korban yang berada di bagian dapur. Hadi pun mengaku sesaat sebelum kejadian dirinya meninggalkan tungku pemasak gula yang masih menyala. Diduga percikan api mengenai daun kering yang berada di pinggir tungku.

“Saat tangku tengah memanaskan air, saya tinggal sebentar ke luar rumah. Tapi saat kembali ke rumah, ternyata api sudah melalap bangun rumah. Kobaran api yang sudah membesar pun sulit dipadamkan. Akhirnya seluruh bangunan rumah terbakar,” terangnya.

Warga yang mengetahui rumah milik Hadi kebakaran langsung melakukan pertolongan. Namun sayang, karena sulitnya sumber air, pertolongan yang dilakukan warga tidak bisa menjinakan kobaran api. Dan kobaran api bisa padam setelah seluruh rumah beserta isinya hangus menjadi arang.

Kepala Desa Cikupa Endi Supendi membenarkan adanya kejadian yang menimpa warganya. Menurutnya, kejadian kebakaran tersebut berlangsung cepat serta warga tidak mampu untuk menjinakan kobaran api.

“Tadi warga sudah bekerja keras untuk memadamkan api. Namun sayang perjuangan warga tidak membuahkan hasil. Karena api dengan cepat meluluhlantakan rumah milik Hadi yang berdinding tirai bambu. Seluruh perabotan rumah tangganya pun, termasuk dua unit sepeda motor, uang tunai, tumpukan padi kering dan emas ikut hangus dilalap api,” terang Endi.

Meski tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, namun korban mengalami kerugian hingga Rp. 80 juta. (Suherman/R2/HR-Online)

- Advertisment -