Rabu, Juni 29, 2022
BerandaBerita CiamisSMKN 1 Kawali Ciamis Raih Piagam Sekolah Berintegritas dalam UNBK

SMKN 1 Kawali Ciamis Raih Piagam Sekolah Berintegritas dalam UNBK

Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Kawali, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, meraih penghargaan sebagai sekolah berintegritas dalam penyelenggaraan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Photo : Eji Darsono/ HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Kawali, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, meraih penghargaan sebagai sekolah berintegritas dalam penyelenggaraan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Penghargaan itu merupakan pemberian dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia.

Kepala SMKN 1 Kawali, Drs. H. Hadi Sumantoro, M.Pd, ketika ditemui Koran HR, Selasa (03/05/2016), di ruang kerjanya, membenarkan perolehan piagam penghargaan dari Kemedikbud tersebut.

Hadi menjelaskan, piagam itu merupakan sebuah prestasi yang diraih SMKN Kawali atas kejujuran dalam penyelenggaraan ujian nasional. Menurut dia, semakin tinggi indek yang dimiliki, otomatis semakin tinggi tingkat kejujuran sekolah dalam penyelenggaraan UN.

“Sebab, penilaian dilakukan langsung oleh pihak Kemendikbud. Ada beberapa manfaat yang diperoleh dengan UNBK, diantaranya, minimnya kemungkinan soal yang terlambat datang, tertukar dan ketidakjelasan hasil cetak soal, pengumpulan dan penilaian jauh lebih mudah, hasil ujian dapat diumumkan lebih cepat,” katanya.

Di sisi lain, lanjut Hadi, UNBK mendorong terwujudnya efektifitas, efisiensi dan transparansi, sebab UNBK dapat menjadi tolak ukur kompetensi siswa yang menjadi salah satu dasar untuk seleksi ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Selain untuk melakukan pemetaan capaian pendidikan secara nasional, Hadi menambahkan,  piagam yang diraih oleh SMKN 1 Kawali merupakan motivasi dengan harapan dapat mendorong terwujudnya prilaku jujur dan berintegritas dalam semua aspek kehidupan.

“Piagam penghargaan ini kami terima pada hari Senin 2 Mei 2016, bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang diserahkan langsung oleh Bupati Ciamis,” katanya. (dji/Koran-HR)

- Advertisment -