Kamis, Juni 30, 2022
BerandaBerita BanjarTahun Ini Tunjangan BPD di Banjar Turun?

Tahun Ini Tunjangan BPD di Banjar Turun?

Photo: Ilustrasi net/Ist.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Sejumlah anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di Kota Banjar, Jawa Barat,  mengeluhkan turunnya tunjangan yang akan diterimanya pada tahun 2016 ini, menyusul adanya perubahan Peraturan Walikota tentang hal tersebut.

Keluhan itu salah satunya diungkapkan salah seorang anggota BPD Mekarharja, Kecamatan Purwaharja, Kota Banjar, Budi Hendro, kepada HR Online, Rabu (04/04/2016). “Keluhan kami ini telah disampaikan saat rapat koordinasi semua BPD Kota Banjar dengan Dinas PMPDKBPol, di Desa Cibeureum, pada Minggu lalu,” ujarnya.

Menurut Budi, dalam pertemuan itu sebetulnya pihak BPD tidak melulu menyampaikan keluhan atas adanya penurunan tunjangan, namun saling mengkoordinasikan bagaimana kinerja BPD lebih ditingkatkan.

“Esensinya itu lebih kepada harga diri BPD, dimana sebagai pengawas kegiatan pemerintahan desa sekaligus sebagai mitra kerja. Jadi, bukan semata nominal, cuma hal itu perlu mendapat pertimbangan,” tandas Budi.

Di tempat terpisah, Kepala PMPDKBPol Kota Banjar, Wawan Gunawan, SP., M.Si., menampik bila dianggap tunjangan BPD turun. Namun, memang ada perubahan untuk penyesuaian kinerja BPD.

“Bukan turun, melainkan hanya ada perubahan yang sebagiannya dialihkan untuk alokasi biaya sidang BPD dalam merumuskan hingga menerbitkan Peraturan Desa di desanya masing-masing,” ujarnya.

Wawan juga menegaskan, bahwa BPD dituntut meningkatkan kinerjanya, dan untuk itu harus mampu setiap tahunnya membuat beberapa Perdes. Hal tersebut juga sudah dibahas dalam rakor dengan Kades dan BPD, bertempat di Setda Pemkot Banjar.

“Namun, apakah ketentuan yang sudah ada akan dirubah kembali atau tetap. Itu semua tentu dikembalikan lagi kepada pemangku kebijakan daerah,” kata Wawan. (Nanks/R3/HR-Online)

- Advertisment -