Sabtu, Juni 25, 2022
BerandaBerita PangandaranTingkatkan Pelayanan Kesehatan, Pemkab Pangandaran Gaet Unpad Bandung

Tingkatkan Pelayanan Kesehatan, Pemkab Pangandaran Gaet Unpad Bandung

Bupati Pangandaran, Jeje Wiradinata

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Pemkab Pangandaran akan bekerjasama dengan Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung dalam mengelola manajemen serta penyiapan tenaga ahli medis di puskesmas dan rumah sakit di Kabupaten Pangandaran. Langkah itu dilakukan dalam rangka peningkatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Bupati Pangandaran, Jeje Wiradinata, mengatakan, secara lisan kerjasama tersebut sudah disepakati dengan Unpad. Saat ini pihaknya tengah mempersiapkan aturan dan teknis kerjasamanya.

“Intinya, dalam kerjasama ini kita menyerahkan sepenuhnya pengelolaan puskemas dan rumah sakit kepada Unpad. Mulai dari manajemen, strategi pelayanan hingga penyiapan tenaga medis, seperti dokter dan perawat,” katanya, kepada Koran HR, belum lama ini.

Jeje menambahkan, langkah itu dilakukan mengingat sumber daya kesehatan di Pangandaran sangat minim. Sementara pihaknya ingin segera meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

“Kalau mengandalkan sumber daya yang ada, kita sulit meningkatkan pelayanan. Seperti contoh, jumlah dokter di Pangandaran sangat minim. Untuk menambah dokter, tentunya bukan perkara mudah. Makanya, kita kerjasama dengan Unpad. Biar nanti Unpad yang merekrut sejumlah dokter untuk ditugaskan di Pangandaran,” ungkapnya.

Selain itu, kata Jeje, kerjasama itu dilakukan sebagai persiapan pihaknya yang akan membangun rumah sakit umum daerah dan puskesmas dengan bangunan sekelas hotel bintang tiga.

“Kita sudah programkan akan membangun rumah sakit dan puskesmas dengan bangunan megah dan fasilitas lengkap. Kalau tidak dipersiapkan tenaga medis dan manajemennya, tentunya percuma kita punya rumah sakit dan puskesmas bagus. Jadi, kerjasama ini dilakukan untuk menyimbangkan pembangunan infrastrukturnya,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Pangandaran, Iwan M. Ridwan, menyambut baik gagasan tersebut. Menurutnya, untuk meningkatkan pelayanan kesehatan di Pangandaran, tidak ada cara lain selain melakukan kerjasama dengan akademisi.

“Sumber daya kesehatan di Pangandaran memang sangat minim sekali. Karenanya, kami mendukung langkah Pemkab yang akan melakukan kerjasama dengan Unpad,” ujarnya, kepada Koran HR, belum lama ini.

Menurut Iwan, sangat tepat Pemkab mengandeng Unpad. Karena Unpad memiliki jurusan kedokteran yang sangat lengkap. Selain jurusan kedokteran, Unpad pun memiliki jurusan kesehatan masyarakat yang kredibelitasnya sudah diakui publik.

“Kita berharap dari kerjasama ini menghasilkan sebuah perubahan yang lebih baik untuk Pangandaran. Setidaknya dari segi pelayanan kesehatan, masyarakat dapat merasakan adanya perubahan setelah Pangandaran menjadi daerah otonom baru,” pungkasnya. (Mad/Koran-HR)

- Advertisment -