Kamis, Juni 30, 2022
BerandaBerita BanjarWagub Jabar: Gotong Royong Jangan Hanya di Acara Bulan Bakti Saja

Wagub Jabar: Gotong Royong Jangan Hanya di Acara Bulan Bakti Saja

Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar secara simbolis memulai pelaksanaan pengerjaan pengerasan jalan dengan mengendarai stoomwals di jalan Pesantren Manarul Hasan, RT 2/RW 6 Lingkungan Cibulan, Kelurahan Banjar, Kecamatan Banjar, Kota Banjar. Foto: Muhafid/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar, meminta budaya gotong royong jangan hanya dilakukan pada acara bulan bakti saja, tetapi harus menjadi budaya dalam kehidupan sehari-hari warga Jawa Barat.

“Saya mengajak seluruh komponen dan lapisan masyarakat untuk membiasakan kegiatan gotong royong. Kegiatan ini hanya simbolis untuk merangsang warga membudayakan gotong royong. Tetapi, setelah kegiatan ini harus ada perubahan nyata di masyarakat dalam menggalakan budaya gotong royong,” katanya, saat memberikan sambutan pada kegiatan Pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke 13 tingkat Provinsi Jabar dan Hari Kesatuan Gerak PKK Tahun 2016 yang berlangsung di Lapang Bhakti di Kota Banjar, Rabu (04/05/2016).

Menurut Demiz—sapaan Dedi Mizwar—-, budaya gotong royong merupakan identitas asli bangsa Indonesia. Secara harfiah gotong royong memiliki arti bekerja sama dalam kepentingan yang sama berdasarkan batas kemampuan masing-masing individu untuk mencapai hasil yang didambakan.

“Artinya, nilai-nilai gotong royong ini harus digalakan dalam membantu percepatan pembangunan daerah. Karena peran masyarakat pun sangat dibutuhkan untuk membantu pemerintah menyukseskan seluruh program pembangunannya,” katanya.

Demiz menambahkan, dalam menghadapi MEA, nilai-nilai gotong royong harus kembali digalakan. Karena dengan kekompakan seluruh komponen bangsa diyakini bisa menghadapi persaingan di era global tersebut.

Sementara itu, peresmian kegiatan Pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke 13 tingkat Provinsi Jabar ditandai dengan pemukulan kentongan yang diiringi oleh ratusan peserta yang secara bersamaan membunyikan alat yang terbuat dari bambu.

Setelah itu, Wagub didampingi Walikota Banjar meninjau Pameran Gotong Royong yang diikuti beberapa OPD Provinsi Jabar dan Kabupaten/Kota se-Jabar. Kemudian, usai meninjau pameran, Demiz pun secara simbolis memulai pelaksanaan pengerjaan pengerasan jalan dengan mengendarai stoomwals di jalan Pesantren Manarul Hasan, RT 2/RW 6 Lingkungan Cibulan, Kelurahan Banjar, Kecamatan Banjar, Kota Banjar. (Muhafid/R2/HR-Online)

- Advertisment -