Kamis, Juni 30, 2022
BerandaBerita BanjarWalikota Banjar Galakkan Budaya Gotong Royong dalam Program Pembangunan

Walikota Banjar Galakkan Budaya Gotong Royong dalam Program Pembangunan

Walikota Banjar, DR. Hj. Ade Uu Sukaesih, S.IP., M.Si.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Walikota Banjar, DR. Hj. Ade Uu Sukaesih, S.IP., M.Si., menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat, atas kepercayaannya menunjuk Kota Banjar sebagai tuan rumah penyelenggaraan Hari Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat ke XIII dan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-44 tahun 2016.

Kegiatan yang digelar hari ini, Rabu (04/05/2016) di Taman Kota Lapang Bhakti Banjar, bertujuan untuk mempercepat proses keseimbangan pembangunan antara perkotaan dan perdesaan.

Oleh karena itu, dalam pelaksanaannya sangat membutuhkan dukungan partisipasi dari seluruh komponen masyarakat, sehingga program Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat benar-benar merupakan pembangunan yang berasal dari rakyat, untuk rakyat dan dilaksanakan oleh rakyat, serta hasilnya diharapkan bermanfaat pula bagi kepentingan hajat orang banyak.

Istilah gotong-royong sebenarnya merupakan “ciri khas” budaya bangsa Indonesia sejak dulu. Namun, seiring perjalanan waktu dan masuknya pengaruh budaya luar yang sangat individual saat ini, rasa kebersamaan dan gotong-royong semakin memudar, kepekaan sosial mulai berkurang, tegur sapa dan bercengkrama serta kesadaran saling membantu sudah mulai luntur.

“Untuk itu, marilah kita galakkan lagi budaya gotong royong masyarakat. Hal ini sangatlah tepat untuk diterapkan dalam pembangunan di Kota Banjar khususnya, dan umumnya di Provinsi Jawa Barat,” kata Walikota Banjar.

Sedangkan, PKK sendiri diharapkan dapat memberikan makna dalam berkiprah dan berkarya secara nyata dalam menyumbangkan dharma bhaktinya bagi kepentingan masyarakat, bangsa dan negara. Mengingat gerakan PKK merupakan wadah aktivitas sosial kemasyarakatan bagi keluarga.

Sejauh ini, kiprah Kota Banjar bisa dikatakan bagus dalam kegiatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat. Hal itu dapat dilihat dari beberapa prestasi yang telah diraih oleh Kota Banjar, diantaranya; Kelurahan Situbatu menjadi juara ke-3 tingkat Provinsi Jawa Barat pada tahun 2012.

Kemudian, di tahun 2013, Kelurahan Mekarsari berhasil menjadi juara ke-2 tingkat Provinsi Jawa Barat, Kelurahan Purwaharja menjadi  juara ke-2 tingkat Provinsi Jawa Barat pada tahun 2014, Kelurahan Banjar meraih juara 1 tingkat Provinsi Jawa Barat pada tahun 2015, dan di tahun 2016 Kota Banjar melalui Kelurahan Hegarsari menjadi nominasi 3 besar tingkat Provinsi Jawa Barat.

Dalam pelaksanaan Hari Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat dan Hari Kesatuan Gerak PKK tahun 2016 yang diselenggarakan di Taman Kota Lapang Bhakti Banjar, sasaran kegiatannya meliputi sosial kemasyarakatan, diantaranya pelayanan kesehatan gratis, pembagian makanan sehat gratis, ekonomi kerakyatan, sosial budaya, keagamaan dan lingkungan hidup.

Selain itu, digelar juga pameran dari 27 kabupaten/kota se-Jawa Barat. Pameran ini bertujuan untuk memperkenalkan produk-produk Usaha Kecil Menengah (UKM) dan Usaha Mikro dari daerahnya masing-masing. (Eva/Koran-HR)

- Advertisment -