Ini Situs Makam Penyebar Agama Islam di Pangandaran

Situs Sembah Agung yang merupakan makam keramat penyebar agama Islam yang berada di wilayah Desa Batukaras, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran. Foto: Entang Saeful Rachman/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Situs Sembah Agung merupakan makam keramat penyebar agama Islam yang berada di wilayah Desa Batukaras, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran. Di kawasan situs itu, terdapat tiga maqom keramat, diantaranya, Maqom Sembag Agung, Maqom Sembah Wangsa Manggala dan Maqom Sembah Tafsirudin.

Kuncen Situs Sembah Agung, Yayat, ketika ditemui Koran HR, pekan lalu, mengatakan, ketiga tokoh itu berjasa dalam perjuangan dan penyebaran agama Islam di Pulau Jawa bagian selatan.

“Mereka berasal dari Kerajaan Cirebon dan Mataram yang datang ke Batukaras Cijulang,” katanya.

Yayat menuturkan, minimnya pendanaan membuat keberadaan Situs Sembang Agung terlihat kurang terawat. Meski begitu, banyak peziarah tetap datang untuk berkunjung ke Situs Sembah Agung.

“Pada beberapa momen tertentu, situs ini selalu banyak dikunjungi peziarah yang datang dari berbagai daerah. Tapi hingga saat ini situs Sembah Agung belum mendapat perhatian dari pemerintah,” keluh Yayat.

Kepada Koran HR, Yayat menjelaskan, Situ Sembah Agung dibangun pada tahun 1995. Yayat berharap, Situs Sembah Agung menjadi situs tujuan utama wisata ziarah di Kabupaten Pangandaran.

“Faslitas yang sangat diperlukan adalah MCK dan perbaikan jalan menuju maqom, termasuk bangunan maqom yang sudah mulai lapuk dimakan usia,” katanya.

Salah satu makam keramat di Situs Sembah Agung  di Desa Batukaras, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran. Foto: Entang Saeful Rachman/HR
Salah satu makam keramat di Situs Sembah Agung di Desa Batukaras, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran. Foto: Entang Saeful Rachman/HR

(Ntang/Koran-HR)